Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Profil Pelabuhan Sibolga, Jadwal Kapal, dan Tiketnya

Kompas.com - 26/07/2023, 19:56 WIB
Muhammad Idris

Penulis

KOMPAS.com - Pelabuhan Sibolga adalah salah satu pelabuhan paling penting di pesisir Selatan Pulau Sumatera. Selain untuk peti kemas, pelabuhan ini juga dipergunakan untuk angkutan kapal penumpang.

Untuk diketahui saja, Pelabuhan Sibolga bisa merujuk pada dua lokasi, yakni Pelabuhan Sibolga Baru dan Pelabuhan Sibolga Lama.

Pelabuhan Sibolga lama merupakan pelabuhan yang sudah ada sejak ratusan tahun silam di Pancuran Bambu. Namun perlahan, pelabuhan lama ini tak lagi berfungsi dan dialihkan menjadi pergudangan.

Pemerintah daerah setempat kemudian melakukan penataan pada area bekas Pelabuhan Sibolga Lama dan kini sudah disulap menjadi area wisata.

Baca juga: Info Pelabuhan Luwuk Banggai, Tiket, dan Jadwal Kapalnya

Sementara Pelabuhan Sibolga baru merupakan pelabuhan yang sudah dikembangkan oleh PT Pelindo (Persero) di Jalan Horas Pelabuhan Baru, tentunya dengan fasilitas yang lebih lengkap dan modern.

Jadwal Kapal Pelabuhan Sibolga

Dikutip dari Tribunnews, di Pelabuhan Sibolga, perjalanan menuju ke Nias bisa menggunakan Kapal Ferry yang berangkat setiap hari. Perjalanan laut dengan kapal ini dapat ditempuh selama 12 jam perjalanan.

Jadwal keberangkatan fery dari Pelabuhan Sibolga menuju Nias selama ini diberangkatkan pada malam hari dan kapal akan tiba di Gunung Sitoli Nias sekitar pukul 07.30 pagi.

Kendati demikian, terkadang kapal ferry Pelni baru sampai Nias pada pukul 09.00. Bagi penumpang tanpa kendaraan, tarif tiketnya adalah Rp 65.000 plus pass masuk pelabuhan Rp 4.000.

Baca juga: Profil Lengkap Pelabuhan Batu Ampar Batam

Penumpang kapal juga bisa membawa kendaraan, untuk tarifnya disesuaikan dengan golongan kendaraan yang dibawa.

Berikut jadwal keberangkatan kapal dari Pelabuhan Baru Sibolga ke Nias:

  • Senin : Mulai Pukul 19.00
  • Selasa : Mulai Pukul 20.00
  • Rabu : Mulai Pukul 20.30
  • Kamis : Mulai Pukul 19.00
  • Jumat : Mulai Pukul 19.30
  • Sabtu : Mulai Pukul 19.00
  • Minggu : Mulai Pukul 19.00

Jadwal di atas bisa saja berubah-ubah sesuai dengan kebijakan operator kapal dan otoritas pelabuhan.

Profil Pelabuhan Baru Sibolga

Mengutip laman resmi Pelindo, Pelabuhan Sibolga Baru ini memiliki dermaga multipurpose dengan panjang keseluruhan mencapai 153 meter dan lebar 31,5 meter, dengan panjang tambatan 405 meter dan luas 400 meter persegi.

Baca juga: Profil dan Sejarah Pelabuhan Dwikora Pontianak

Pelabuhan Baru Sibolga dapat disandari oleh 4 kapal besar hingga berukuran 6.000 GT. Fasilitas lain yang ditambahkan yakni container yard dengan kapasitas 20.000 TEUs per tahun, perkuatan trestle dan breasting dolphin.

Untuk menunjang kualitas dan kecepatan pelayanan bongkar muat dan kegiatan ekspor impor, Pelabuhan Sibolga didukung peralatan bongkar muat berupa peralatan fix crane berkapasitas 40 ton.

Selain itu, terminal penumpang pelabuhan ini juga ditata menjadi 2 lantai dan dilengkapi dengan rooftop seluas 2.786 meter persegi. Terminal ini dapat menampung hingga 500 penumpang.

Itulah informasi seputar Pelabuhamn Sibolga, termasuk jadwal kapal dan harga tiketnya. Semoga bisa membantu.

Baca juga: Info Pelabuhan Sungai Duku, Tiket, dan Jadwal Kapalnya

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com