Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Info Pelabuhan Sungai Duku, Tiket, dan Jadwal Kapalnya

Kompas.com - 23/07/2023, 03:53 WIB
Muhammad Idris

Penulis

KOMPAS.com - Pelabuhan Sungai Duku tentu sudah tak asing lagi bagi masyarakat Kota Pekanbaru, Riau. Pelabuhan di Pekanbaru ini bisa dibilang cukup padat setiap harinya.

Lokasi pelabuhan ini berada di tepi Sungai Siak, Kelurahan Pesisir, Kecamatan Lima Puluh, Kota Pekanbaru. Jarak Sungai Duku sendiri sekitar 7 kilometer dari pusat kota.

Saat ini, Pelabuhan Sungai Duku dilayani dua jenis kapal, pertama kapal cepat ekspress Meranti Jaya dan Naga Line. Kemudian kapal dengan waktu lebih lambat yakni KM Jelatik.

Pelabuhan di Pekanbaru ini menjadi akses bagi masyarakat Kota Pekanbaru yang hendak menuju ke Selat Panjang di Kecamatan Tebing Tinggi, Kabupaten Kepulauan Meranti.

Baca juga: Info Pelabuhan Sri Bintan Pura, Tiket, dan Jadwal Kapal

Jadwal kapal Pelabuhan Sungai Duku

Dikutip dari Antara dan laman resmi Pemprov Riau, di Pelabuhan Sungai Duku calon penumpang bisa memilih menggunakan kapal cepat menuju ke Meranti dengan harga tiket Rp 235.000.

Sementara apabila menggunakan KM Jelatik, maka tarifnya lebih murah yakni Rp 162.000, namun tentunya dengan waktu tempuh lebih lama.

Untuk kapal ekspress Meranti Jaya dan Naga Line berangkat setiap hari dari Pelabuhan Sungai Duku menuju ke Selat Panjang Meranti, waktu tempunya sekitar 6-7 jam.

Sementara untuk KM Jelatik, keberangkatannya adalah setiap hari Selasa, Kamis, dan Sabtu. Waktu tempuh dengan kapal kayu ini adlaah sekitar 16 jam.

Baca juga: Info Pelabuhan Roro Kuala Tungkal, Tiket, dan Jadwal Kapal

Untuk diketahui saja, KM jelatik dari sisi fasilitas relatif kalah apabila dibandingkan kapal cepat ekspress. Di KM Jelatik, tidak tersedia tempat duduk khusus penumpang yang berarti penumpang bisa duduk di mana saja.

Misalnya penumpang bisa duduk atau berbaring pada bilik-bilik kayu yang tersedia di dalam kapal yang memiliki empat lantai ini.

Selain itu berbeda dengan kapal ekspress yang dilengkapi pendingin ruangan, KM Jelatik hanya mengandalkan sepoi angin.

Meski demikian, KM Jelatik sejauh ini adalah kapal yang paling banyak dipilih masyarakat Riau yang bolak-balik dari Pekanbaru menuju Meranti atau sebaliknya.

Baca juga: Info Pelabuhan Punggur Batam, Tarif Tiket, dan Jadwal Kapalnya

Harga tiket yang lebih murah tentu jadi alasan utamanya. Ini lantaran banyak masyarakat Meranti yang bekerja di Pekanbaru dan pulang setiap beberapa hari sekali.

Itulah informasi seputar Pelabuhan Sungai Duku. Semoga bermanfaat.

Di Pelabuhan Sungai Duku ada dua jenis kapal yakni ekspress dan kapal KM Jelatik.KOMPAS.com / KRISTIANTO PURNOMO Di Pelabuhan Sungai Duku ada dua jenis kapal yakni ekspress dan kapal KM Jelatik.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com