Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Info Pelabuhan Ferry Batulicin, Tiket, dan Jadwal Kapalnya

Kompas.com - 13/07/2023, 16:52 WIB
Muhammad Idris

Penulis

KOMPAS.com - Pelabuhan Ferry Batulicin adalah salah satu akses transportasi laut paling vital di Provinsi Kalimantan Selatan. Pengelolaan pelabuhan ini berada di bawah PT Pelindo (Persero).

Secara administratif, pelabuhan ini masuk wilayah Kabupaten Tanah Bumbu ada yang di pesisir Selatan Pulau Kalimantan. Itu sebabnya, pelabuhan ini juga termasuk gerbang lalu lintas kapal ke kawasan Timur Indonesia.

Mengutip laman resmi Pelindo, Pelabuhan Batulicin dipergunakan untuk melayani bongkar muat barang maupun penumpang umum dari kapal milik Pelni dan swasta. Pelabuhan ini juga beroperasi 24 jam.

Aktivitas bongkar muat barang di Pelabuhan Batulicin ini berupa bongkar muat petikemas dengan menggunakan kontainer. Pelabuhan ini dilengkapi terminal penumpang dan gudang penyimpanan barang.

Pelabuhan Ferry Batulicin sendiri merujuk pada terminal dan dermaga yang dipergunakan untuk layanan kapal penumpang di Pelabuhan Batulicin. Rute utamanya dari Pelabuhan Batulicin adalah Pelabuhan Tanjung Serdang yang berada di Kotabaru.

Baca juga: Profil Pelabuhan Bitung, Pelabuhan Terbesar di Sulut

Jadwal Kapal Pelabuhan Ferry Batulicin

Sistem penyeberangan kapal ferry lazimnya menempuh jarak pendek dan aktivitas kapalnya dilakukan secara bolak-balik (PP), sehingga jadwal keberangkatan dan kedatangan dapat ditentukan relatif tetap.

Waktu Perjalanan dari Pelabuhan Batulicin ke Pelabuhan Tanjung Serdang maupun sebaliknya bisa dibilang cukup singkat, yakni hanya 30 menit saja lantaran jaraknya sekitar 35 kilometer.

Untuk jadwal kapal di Pelabuhan Ferry Batulicin menuju Pelabuhan Tanjung Serdang yakni dimulai dari pukul 06.10 WITA sampai dengan pukul 21.15 WITA. Kapal akan berangkat setiap 30 menit satu 1 jam saja.

Sehingga bagi penumpang yang tertinggal kapal, maka tak perlu khawatir karena durasi tunggunya tidak terlalu lama. Hal ini lantaran rute Pelabuhan Batulicin menuju ke Pelabuhan Tanjung Serdang cukup padat.

Berikut rincian harga tiket kapal ferry dari Pelabuhan Batulicin menuju ke Pelabuhan Tanjung Serdang di Kotabaru dikutip dari Tribunnews.

Baca juga: Profil dan Sejarah Pelabuhan Cirebon

Harga tiket Pelabuhan Batulicin per 2023
Golongan Jenis Kendaraan Dimensi Harga Tiket
Penumpang saja - - Rp 10.000
Kendaraan Golongan I Sepeda kayuh - Rp 15.000
Kendaraan Golongan II Sepeda motor Kurang dari 500cc Rp 31.000
Kendaraan Golongan III Sepeda motor Di atas 500cc Rp 85.000
Kendaraan Golongan IVa Mobil penumpang Kurang dari 5 meter Rp 205.000
Kendaraan Golongan IVb Mobil pickup Kurang dari 5 meter Rp 187.000
Kendaraan Golongan Va Bus sedang Kurang dari 7 meter Rp 345.000
Kendaraan Golongan Vb Truk sedang Kurang dari 7 meter Rp 315.000
Kendaraan Golongan VIa Truk besar Kurang dari 10 meter Rp 560.000
Kendaraan Golongan VIb Truk besar Kurang dari 10 meter Rp 555.000
Kendaraan Golongan VII Truk trailer Kurang dari 12 meter Rp 650.000
Kendaraan Golongan VIII Truk trailer Kurang dari 12 meter Rp 1.025.000
Kendaraan Golongan IX Truk trailer Di atas 12 meter Rp 3.000.000

Sebagai informasi, untuk penumpang yang membawa kendaraan, maka hanya dihitung sesuai dengan golongan kendaraannya saja. Misalkan mobil pribadi dengan jumlah penumpang 4 orang akan sama tarifnya dengan penumpang hanya 1 orang, karena hanya menghitung kendaraannya.

Bagi penumpang tanpa kendaraan, tarif kapal di Pelabuhan Ferry Batulicin menuju Pelabuhan Tanjung Serdang dikenakan sebesar Rp 10.000. Sementara untuk bayi sampai usia 2 tahun, tarifnya ditetapkan sebesar Rp 1.500. 

Itulah informasi seputar Pelabuhan Ferry Batulicin termasuk jadwal kapal dan harga tiketnya. Semoga bisa membantu.

Baca juga: Profil Pelabuhan Cituis, Pusatnya Perikanan di Tangerang

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com