Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pasca Halving Bitcoin, Apa yang Harus Dicermati Investor?

Kompas.com - 02/05/2024, 20:34 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Editor

JAKARTA, KOMPAS.com - Peristiwa besar baru saja terjadi di kalangan investor kripto. Peristiwa itu dikenal dengan sebutan Bitcoin Halving.

Peristiwa halving bitcoin adalah peristiwa paling penting dalam pasar mata uang kripto setiap empat tahun sekali.

Melalui peristiwa ini, pasokan aset bitcoin yang tersisa telah bertambah untuk beredar di pasar, sehingga biasanya para investor memiliki keputusan besar dalam menjual atau menambah amunisi aset Bitcoin mereka.

Baca juga: Pasca Halving, Harga Bitcoin Justru Merosot

Ilustrasi bitcoin.UNSPLASH/KANCHANARA Ilustrasi bitcoin.

Chief Analyst perusahaan jual beli kripto Bitget, Ryan Lee menyatakan, saat ini bitcoin menjadi titik fokus di sektor keuangan, dan ekosistem bitcoin dapat menjadi tren sebagai salah satu instrumen investasi yang dapat memengaruhi kesejahteraan investor.

“Anda dapat memonitor hal yang terjadi beberapa akhir ini bahwa aktivitas staking aset Bitcoin Layer 2 tengah meningkat saat peristiwa bitcoin halving oleh para proyek aset kripto," kata Lee dalam keterangan tertulis, Kamis (2/5/2024).

"Umumnya, melalui staking BTC ini, maka para pengguna atau investor memiliki kesempatan untuk menerima berbagai macam airdrop (hadiah dalam bentuk aset kripto) saat mengikuti aktivitas yang disediakan," imbuh dia.

Selain itu, investor dapat melihat faktor lainnya yaitu keputusan moneter Federal Reserve atau The Fed pada suku bunga yang terjadi.

Baca juga: Langkah Bijak Menghadapi Halving Bitcoin

"Kita melihat bahwa sepertinya secara umum suku bunga bergerak menurun, dan poin pentingnya kita harus memerhatikan kapan waktu pertama penurunan suku bunga tersebut,” ungkap Lee.

Dalam hal ini maka dengan kebijakan suku bunga yang terjadi, maka secara keseluruhan, pasar bullish (kenaikan harga secara umum di pasar) setelah halving bitcoin tidak dapat dilewatkan bagi para investor.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com