Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Halving Day Bitcoin Diproyeksi Terjadi dalam 19 Hari Lagi

Kompas.com - 27/03/2024, 16:12 WIB
Rully R. Ramli,
Erlangga Djumena

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Platform transaksi kripto, Indodax, memproyeksi momentum halving day bitcoin terjadi dalam kurun waktu 19 hari lagi, terhitung sejak 27 Maret 2024. Momentum ini dinilai akan menjadi katalis positif bagi pergerakan harga pasar kripto.

Untuk diketahui, halving day merupakan momen saat hadiah untuk para penambang Bitcoin dibatasi. Dengan demikian, kecepatan penambahan bitcoin baru menjadi berkurang dan pasokannya lebih terbatas. Hal ini kemudian memicu bitcoin semakin sulit didapat, dan harganya berpotensi meningkat.

Dengan semakin dekatnya momen halving Bitcoin, CEO Indodax Oscar Darmawan mengatakan, terdapat sejumlah strategi yang dapat dilakukan oleh investor kripto. Salah satunya ialah dengan menyimpan dana dalam satu instrumen investasi secara rutin, atau lebih dikenal dengan dollar cost averaging.

Baca juga: Bitcoin jadi Opsi Investasi di Tengah Ketidakpastian Global, Indodax: Terlindung dari Inflasi

Namun dalam pelaksanaannya investor kripto disarankan untuk tidak berfokus terhadap satu jenis aset kripto. Hal ini ditujukan untuk meminimalkan risiko kerugian.

"Diversifikasi membantu investor untuk mengurangi risiko dengan tidak menaruh semua telur dalam satu keranjang," kata Oscar, dalam keterangannnya, Rabu (27/3/2024).

"Investor dapat mengalokasikan dananya ke berbagai jenis aset kripto, seperti bitcoin, altcoin, dan stablecoin dengan menggunakan teknik dollar cost averaging," sambungnya.

Lebih lanjut Oscar menjelaskan, lewat teknik dollar cost avering, investor menjadi secara teratur membeli aset kripto layaknya menabung. Investor dapat membeli aset kripto dengan nominal pembelian yang sama, terlepas dari harga aset yang berbeda ketika waktu pembelian.

"Teknik dollar cost averaging (DCA) akan membantu investor untuk membeli aset kripto potensial secara berkala, sehingga menciptakan konsep investasi yang konsisten dan sehat setiap bulannya," tuturnya.

Sebagai informasi, jelang momentum halving day bitcoin sejumlah kripto dengan kapitalisasi pasar terbesar terpantau bergerak cenderung menguat dalam kurun waktu 7 hari terakhir.

Berdasarkan data Coinmarketcap pada Rabu (27/3/2024) pukul 14.20 WIB, harga bitcoin dipatok sebesar Rp 1,109 miliar per keping. Nilai itu meningkat sekitar 10,70 persen dibanding 7 hari lalu.

Kemudian, kripto dengan kapitalisasi pasar terbesar kedua, Ethereum, juga terpantau menguat 11,58 persen dari posisi pekan lalu ke posisi Rp 56,83 juta per keping. Kripto besar lainnya, Solana, menguat 8,65 persen dalam kurun waktu sepekan ke posisi Rp 2,97 juta per keping.

Baca juga: Jelang Halving Day, Bitcoin Dinilai Bergerak Lebih Stabil

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com