Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Profil Pelabuhan Gili Mas, Tiket, dan Jadwal Kapalnya

Kompas.com - 14/07/2023, 07:50 WIB
Muhammad Idris

Penulis

KOMPAS.com - Pelabuhan Gili Mas adalah pelabuhan terbesar di Pulau Lombok saat ini apabila dilihat dari kapasitas dermaganya. Meski begitu, pelabuhan ini relatif kalah populer dibandingkan Pelabuhan Lembar yang lebih ramai.

Sebagai informasi saja, Pelabuhan Gili Mas terus dikembangkan terutama guna mendukung sektor pariwisata di kawasan Mandalika, Lombok.

Pelabuhan Gili Mas Lombok juga difungsikan untuk berlabuh bagi kapal-kapal besar seperti kapal pesir yang mengangkut wisatawan dari mancanegara.

Mengutip laman Kementerian Perhubungan, saat ini luas dermaganya sebesar 440 m x 26 m dengan kapasitas ruang tunggu atau terminal sebesar 1.500 orang. Bisa dibilang terminal ini sudah cukup luas dan memadai.

Baca juga: Info Pelabuhan Ferry Batulicin, Tiket, dan Jadwal Kapalnya

Selain itu, pengembangan juga dilakukan di beberapa zona yaitu Zona Petikemas dengan luas 6,06 Ha, Zona Logistik 1,18 Ha, Zona Perkantoran dan Bisnis Perdagangan 2,95 Ha.

Berikutnya Zona Pariwisata / Marina 0,37 Ha, Zona Utilitas 0,83 Ha, Zona Pemerintah 0,5 Ha, Draft Alur & Kolam – 12 mLWS dan Kapasitas Kontainer 1900 Teus.

Jadwal Kapal Pelabuhan Gili Mas

Dengan keberadaan Pelabuhan Gili Mas, maka masyarakat Lombok maupun wisatawan tak hanya mengandalkan Pelabuhan Lembar ketika menyeberang pulau, namun bisa mengguanakan alternatif pelabuhan ini.

Saat ini di Pelabuhan Gili Mas Lembar sudah mulai sandar beberapa kapal besar. Salah satunya KM Kirana VII yang mengangkut penumpang dan kendaraan dengan Surabaya - Lembar dan sebaliknya.

Baca juga: Profil Pelabuhan Cituis, Pusatnya Perikanan di Tangerang

Adapun jadwal pelayarannya berlaku untuk rute Lombok ke Surabaya. Rute ini dihubungkan dari Pelabuhan Gili Mas melalui Pelabuhan Lembar di Lombok Barat menuju Pelabuhan Tanjung Perak di Surabaya.

Kapal dengan bobot 1.933 gross ton juga melayani rute sebaliknya dari Surabaya ke Lombok. Kapal KM Kirana VII yang memiliki panjang 68 meter dan lebar 17 meter ini dibangun tahun 2021.

Kapal penumpang jenis Roll on Roll off (RoRo) ini dilengkapi fasilitas tempat tidur penumpang. Bermacam kelas tiket penumpang tersedia mulai dari ekonomi hingga VIP.

Demikian juga dengan ragam harga tiket kendaraan dari sepeda hingga alat berat. Karena kapal ini juga bisa mengangkut kendaraan.

Baca juga: Profil dan Sejarah Pelabuhan Cirebon

Nah untuk jadwal terbaru KM Kirana VII adalah setiap hari Minggu, Selasa, Kamis, Sabtu, dan Senin. Untuk jamnya bisa berubah-ubah lantaran menyesuaikan kondisi.

Harga tiketnya pun bervariasi sesuai dengan kelas penumpang. Misalnya untuk penumpang dewasa kelas I adalah Rp 400.000, kelas II Rp 255.000, kelas III Rp 230.000, dan ekonomi Rp 170.000.

Untuk ketepatan jadwal kapal maupun harga tiket bisa dilihat di situs resmi PT Dharma Lautan Utama (link reservasi tiket Dharma Lautan Utama). Itulah informasi seputar Pelabuhan Gili Mas Lombok. Semoga membantu.

Pelabuhan Gili Mas menjadi alternatif bagi masyarakat Lombok dan wisatawan selain dari Pelabuhan Lembar.KOMPAS.COM/FITRI RACHMAWATI Pelabuhan Gili Mas menjadi alternatif bagi masyarakat Lombok dan wisatawan selain dari Pelabuhan Lembar.

Baca juga: Profil Pelabuhan Bitung, Pelabuhan Terbesar di Sulut

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com