Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bandara VVIP IKN Diuji Coba Juli, Menhub Pastikan Lingkungan Sekitar Tetap Hijau

Kompas.com - 01/03/2024, 06:00 WIB
Isna Rifka Sri Rahayu,
Aprillia Ika

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) menargetkan Bandara VVIP Ibu Kota Nusantara (IKN) dapat diuji coba pada Juli 2024.

Dalam kunjungannya pada Kamis (29/2/2024), Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi memastikan progres pembangunan Bandara IKN sesuai dengan rencana sehingga uji coba diharapkan dapat terealisasikan sesuai target.

"Saya lihat pembangunan Bandara IKN progresnya bagus. Pengerjaannya juga sesuai arahan Presiden, yakni tetap mempertahankan kehijauan alam sekitar," ujarnya dalam keterangan tertulis, Kamis (29/2/2024).

Baca juga: Konstruksi Bandara VVIP IKN Direncanakan Dimulai 1 November 2023

Menhub mengungkapkan, saat ini di lokasi pembangunan bandara tengah dilakukan pekerjaan lanjutan cut andfill area peribadatan, rumah dinas, perkantoran, gedung laboratorium, kantin, akses jalan perimeter barat, dan parkiran untuk VIP.

Selain itu, sedang dilakukan pula penyelesaian Bored Pile Terminal VIP dan VVIP, pembukaan jalan akses utama, dan pekerjaan land clearing di area embung.

Baca juga: Uji Coba Bandara IKN Ditargetkan Juli 2024, Menhub Kebut Pembangunan dan Persiapannya

 


Sebagai informasi, Bandara IKN punya luas terminal 7.350 meter persegi dan luas area bandara 347 hektar.

Dengan runway sepanjang 3.000 meter dan lebar 45 meter, bandara ini dapat didarati oleh pesawat berbadan besar seperti tipe Boeing 777-3000ER dan Airbus A380.

Adapun konsep desain Terminal Bandara IKN akan memadukan unsur kearifan lokal yang menonjolkan budaya Kalimantan tetapi tetap modern, serta berorientasi alam dan ramah lingkungan.

Baca juga: Badan Bank Tanah Siapkan Lahan 400 Hektar untuk Warga Terdampak Proyek Tol-Bandara IKN

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com