Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bos KAI Pede Kereta Suite Class Compartement Bisa Bersaing dengan Pesawat

Kompas.com - 11/10/2023, 08:30 WIB
Isna Rifka Sri Rahayu,
Yoga Sukmana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Kereta Api Indonesia (Persero) atau KAI yakin layanan Kereta Suite Class Compartement miliknya tetap diminati masyarakat meskipun harga tiketnya bersaing dengan harga tiiket pesawat.

Adapun harga tiket Kereta Suite Class Compartement relasi Stasiun Gambir Jakarta ke Stasiun Surabaya Gubeng saat ini dibanderol sebesar Rp 1,95 juta. Besaran harga tiket ini pun merupakan harga diskon yang berlaku hingga 31 Oktober 2023.

Sementara merujuk aplikasi Traveloka, harga terendah tiket pesawat kelas ekonomi rute Bandara Soekarno Hatta Jakarta-Bandara Juanda Surabaya sekitar Rp 957.000, sedangkan untuk kelas bisnis sekitar Rp 2,19 juta.

Baca juga: Resmi Diluncurkan, Segini Harga, Jadwal dan Fasilitas Kereta Suite Class Compartment

Direktur Utama KAI Didiek Hartantyo mengatakan, setiap moda transportasi umum pasti memiliki keunggulan dan kekurangan masing-masing. Begitupun dengan layanan Kereta Suite Class Compartement milik KAI.

Salah satu keunggulan layanan KAI ialah jadwal perjalanan kereta api selalu tepat waktu dengan tingkat ketepatan waktu mencapai 99 persen. Hal inilah yang dia yakini menjadi nilai tambah Kereta Suite Class Compartement dibandingkan layanan pesawat.

"KAI jamin tepat waktu. Sehingga 6 jam itu betul-betul dari Gambir sampai ke Stasiun Tugu, jadi destination to destination," ujarnya kepada media di Stasiun Gambir, Jakarta, Selasa (10/10/2023).

Baca juga: Resmi Diluncurkan, Segini Harga, Jadwal dan Fasilitas Kereta Suite Class Compartment

Selain itu, fasilitas dan pelayanan Kereta Suite Class Compartement juga boleh diadu dengan fasilitas dan pelayanan pesawat kelas bisnis. Bahkan menurutnya, Kereta Suite Class Compartement bakal lebih unggul karena setiap kompartemen didesain tertutup sehingga pelanggan lebih nyaman karena privasinya terjaga.

Adapun satu unit Kereta Suite Class Compartement memiliki 16 kompartemen yang tertutup dengan pintu otomatis. Masing-masing penumpang akan menempati satu kompartemen sendiri.

"Kalau misalnya dibandingkan kelas bisnis pesawat, kelas bisnis pesawat kan terbang tapi masih berkumpul dengan orang lain. Kalau ini (satu penumpang menempati) satu kamar itu sendiri," ungkapnya.

Baca juga: War Tiket Gratis Kereta Cepat Tahap 3, Sekali Daftar Bisa untuk 5 Orang

Didiek menambahkan, penumpang Kereta Suite Class Compartement juga akan dimanjakan dengan layanan makanan berupa hidangan pembuka, hidangan utama, hidangan penutup, serta aneka minuman dan berbagai layanan spesial lainnya.

"Nanti kalau teman-teman lihat daerah layanan kuliner itu juga kita setarakan dengan kelas bisnis di pesawat ya," kata dia.

Fasilitas dan layanan Kereta Suite Class Compartement juga bisa dibilang paling mewah dibandingkan layanan Kereta KAI lainnya.

Baca juga: Tips Dapat Tiket Gratis Kereta Cepat Jakarta-Bandung Menurut KCIC

Sebab kereta ini memiliki desain ruangan yang didominasi oleh warna coklat keemasan dengan pencahayaan temaram guna memberikan kenyamanan untuk pelanggan. Kereta Suite Class Compartment dihiasi dengan dekorasi yang terinspirasi dari suku Dayak.

Adapun kursinya dapat direbahkan hingga 180 derajat sehingga dapat berfungsi sebagai kasur tidur. Kursi tersebut dapat diputar sehingga penumpang dapat menyesuaikan dengan arah perjalanan kereta api.

Tingkat kehangatan dari kursi ini juga bisa diatur dan memiliki fitur pijat yang bisa disetel untuk berbagai teknik pijatan. Pada kursi ini juga ada baki lipat yang bisa difungsikan untuk meja makan atau meja kerja. 

Baca juga: Siap-siap, Pendaftaran Tiket Gratis Kereta Cepat Whoosh Tahap 3 Dibuka Hari Ini

Di sisi dekat jendela terdapat Train Onboard Infotainment System berisi aneka film populer, musik dengan berbagai genre, hingga kanal televisi nasional yang bisa dinikmati sepanjang perjalanan. 

"Jadi benar-benar melakukan suatu layanan yang pertama, berkelas gitu ya. Moga-moga ini memenuhi animo masyarakat Indonesia untik membeli tiket Kereta Compartment," tuturnya.

Sebagai informasi, saat ini KAI memiliki tiga unit Kereta Suite Class Compartement yang dirangkaikan dengan KA Bima dan KA Semeru relasi Stasiun Gambir ke Stasiun Surabaya Gubeng dan sebaliknya.

Baca juga: Sejarah dan Fasilitas Kereta Api Mewah KA Djoko Kendil

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com