Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

MLFF Siap Diuji Coba, Sosialisasi Perlu Terus Dilakukan

Kompas.com - 23/11/2023, 15:23 WIB
Isna Rifka Sri Rahayu,
Yoga Sukmana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono meninjau simulasi penerapan sistem transaksi tol nontunai nirsentuh Multi Lane Free Flow (MLFF) di Jalan Tol Bali-Mandara, Rabu (22/11/2023).

Sebagai informasi, uji coba MLFF di Jalan Tol Bali-Mandara akan dilaksanakan pada pekan kedua Desember 2023. Jika uji coba di Bali berhasil, uji coba MLFF akan dilaksanakan di Jakarta, sekitar Jakarta, dan Jawa Barat.

Basuki bilang, uji coba MLFF ini merupakan masa transisi seperti halnya dulu beralih dari transaksi tunai menjadi non tunai dengan tapping e-money pasti membutuhkan waktu untuk mengubah kebiasaan masyarakat.

Baca juga: Regulasi Penerapan MLFF Hampir Rampung, Tinggal Tunggu Diteken Jokowi

"Teknologinya pasti sudah siap, tantangannya bagaimana implementasinya kepada masyarakat. Saya optimis proses ini akan berjalan lancar. Ini proses untuk lebih maju dengan memanfaatkan teknologi," ujarnya dalam keterangan tertulis, Rabu (23/11/2023).

Oleh karenanya dia berpesan agar dalam awal penerapan MLFF dilaksanakan sosialisasi yang cukup jelas bagi masyarakat yang ingin mencoba teknologi bayar tol tanpa henti tersebut.

"Agar diberikan papan informasi yang jelas untuk jalur khusus uji coba penerapan MLFF sehingga masyarakat siap dari saat sebelum masuk Jalan Tol Bali-Mandara," ucapnya.

Baca juga: Menteri PUPR Bantah Sistem MLFF Bakal Rugikan BUJT

Direktur Jalan Bebas Hambatan Direktorat Jenderal Bina Marga Kementerian PUPR Triono Junoasmono menambahkan, untuk uji coba transisi MLFF pada tahap awal hanya akan diberlakukan di lajur 4 Gerbang Tol Ngurah Rai dan baru akan mulai diterapkan pada seluruh lajur gerbang tol pada Maret 2024.

"Uji coba telah dimulai sejak Minggu kedua November 2023 dan akan terus disempurnakan kesiapan alat dan simulasinya. Direncanakan mulai 12 Desember 2023 hingga Januari 2024 untuk peluncuran uji coba terbatas khususnya bagi kendaraan pegawai pemerintah," kata Triono.

Sementara itu, Direktur Jenderal Bina Marga Hedy Rahadian berharap proses transisi penerapan MLFF dapat berjalan dengan cepat.

Baca juga: Lakukan Efisiensi, Perusahaan Pelaksana Proyek MLFF PHK 22 Karyawan

"Makin cepat makin bagus tapi harus kita evaluasi simulasi pelaksanaannya,

Perlahan kita hapus penggunaan tapping, tapi saat ini masih hibrid antara MLFF dan tapping," tutur Hedy.

Baca juga: Roatex Sebut Sistem MLFF Tak Bikin Tarif Tol Naik

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com