Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Terdampak Longsor, Jalur Kereta antara Stasiun Karanggandul-Karangsari Dilalui dengan Kecepatan Terbatas

Kompas.com - 05/12/2023, 10:41 WIB
Isna Rifka Sri Rahayu,
Erlangga Djumena

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Kereta Api Indonesia (Persero) melaporkan jalur kereta antara Stasiun Karanggandul-Karangsari di Lintas Cirebon-Purwokerto yang terdampak longsoran kini sudah bisa dilalui.

Sebagai informasi, jalur KM 340+100 antara Stasiun Karanggandul-Karangsari di Lintas Cirebon-Purwokerto terkena longsoran pada Senin (4/12/2023) dini hari.

Vice President Public Relations PT KAI Joni Martinus mengatakan, sejak pukul 03.41 WIB tadi jalur tersebut sudah bisa dilalui kereta api dengan kecepatan terbatas 10 kilometer per jam (km/jam).

Baca juga: KAI Siapkan 6,11 Juta Kursi Selama Nataru, Ini 10 KA Terfavorit

"KA yang pertama melewati lokasi tersebut adalah KA Ranggajati (KA 115A) relasi Jember-Cirebon," ujarnya dalam keterangan tertulis, Selasa (5/12/2023).

Joni mengungkapkan, dalam mengupayakan pemulihan jalur itu KAI dibantu oleh tim DJKA Kemenhub, Balai Teknik Perkeretaapian Semarang, dan Satuan Pelaksana Purwokerto dengan mengerahkan 90 personel dan 8 alat berat berhasil melakukan upaya normalisasi jalur KA yang terdampak longsor.

Untuk sementara jalur yang bisa dilalui hanya satu jalur yakni jalur hilir, sedangkan untuk jalur hulu di titik lokasi yang sama masih belum dapat dilalui perjalanan kereta api karena masih dalam proses penanganan penyelesaian evakuasi.

"KAI tetap berkomitmen menjaga keselamatan perjalanan kereta api dan mengucapkan terima kasih kepada seluruh pihak yang telah terlibat dalam proses evakuasi jalur KA antara Stasiun Karanggandul-Stasiun Karangsari," ucapnya.

Joni bilang, akibat kejadian longsor di jalur tersebut terdapat 62 perjalanan KA yang mengalami keterlambatan perjalanan akibat dilakukan rekayasa pola operasi memutar, diantaranya 14 KA memutar melalui jalur lintas Cikampek-Bandung-Kroya, dan 48 KA memutar melalui jalur lintas Cirebon-Semarang-Solo.

"KAI memohon maaf kepada para pelanggan KA yang terkena dampak keterlambatan akibat perjalanannya harus dilakukan pola operasi memutar," tuturnya.

Baca juga: Cara Beli Tiket Kereta Go Show via Access by KAI

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com