Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pentingnya Asuransi untuk Pelaku Bisnis Pariwisata

Kompas.com - 19/12/2023, 13:49 WIB
Agustinus Rangga Respati,
Aprillia Ika

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Great Eastern General Insurance Indonesia (GEGI) mengatakan, bisnis pariwisata penting untuk memiliki perlindungan asuransi terhadap usahanya.

Perlindungan tersebut perlu diberikan baik kepada wisatawan maupun pemilik usaha wisata.

Direktur Marketing GEGI Linggawati Tok menjelaskan, dengan pemahaman manfaat asuransi yang baik, harapannya sektor pariwisata dapat meningkatkan pengelolaan keuangan dan pengembangan bisnis masyarakat.

"Antusiasme masyarakat untuk bepergian juga tengah meningkat. Baik melakukan perjalanan wisata maupun bisnis," kata dia dalam keterangan resmi, dikutip Selasa (19/12/2023).

Baca juga: Dukung Generasi Sandwich Meraih Impian, Great Eastern Life Indonesia Berikan Ruang untuk Berbagi Pengalaman Hidupnya

Ia menambahkan, penting bagi pelaku bisnis pariwisata untuk mengetahui dasar-dasar pengelolaan keuangan, risiko keuangan, dan faktor-faktor yang dapat memengaruhi kondisi keuangan.

Tak hanya itu, pelaku pariwisata juga perlu mengenal skenario yang dapat memengaruhi nilai aset yang dimiliki. 

Untuk memenuhi kebutuhan tersebut, GEGI menyediakan Asuransi Paket Villa (Villa Package Insurance).

Produk ini memberikan perlindungan untuk vila termasuk dari risiko kebakaran, jaminan atas hubungan arus pendek listrik, pencurian, kerusuhan, pemogokan, banjir, badai, tanah longsor, gempa bumi, dan kerusakan akibat kecelakaan lainnya.

Baca juga: Tingkatkan Literasi Masyarakat, Great Eastern Life Luncurkan Kamus Asuransi

Selain itu, terdapat pula jaminan lainnya yaitu, tanggung jawab hukum terhadap pengunjung dan masyarakat umum sampai dengan Rp 500 juta.

Ada juga biaya pertolongan pertama kejadian gawat darurat hingga Rp 100 juta untuk tamu serta pekerja.

Selain itu, terdapat juga jaminan penggantian uang sewa jika vila tidak dapat dihuni akibat risiko yang dijamin polis

Villa Package Insurance juga menjamin kematian akibat kecelakaan yang dialami tertanggung dan pasangannya. Limit jaminan tersebut mencapai Rp 100 juta per orang dengan batas maksimal Rp 200 juta keseluruhan selama periode asuransi.

"Jaminan termasuk akibat penganiayaan, penyerangan, hilang, dan pembunuhan," imbuh dia.

Baca juga: Laba Great Eastern Life Indonesia Tumbuh 124 Persen


Di sisi lain, GEGI juga menyediakan asuransi perjalanan (travel insurance) untuk wisatawan.

Travel Insurance GEGI menyediakan 17 manfaat dalam 1 polis. Produk itu juga memberikan biaya evakuasi darurat medis yang tanpa batas (unlimited).

Pilihan jenis polis tersedia dalam perlindungan perorangan, perlindungan duo, perlindungan keluarga, grup, dan paket khusus inbound.

Kemudian, jaminan keluarga yang tersedia tanpa ada batasan untuk jumlah anak yang dijamin polis. Ada juga layanan bantuan 24 jam untuk keadaan darurat (emergency).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com