Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kronologi Video Viral Petugas Dishub Di Atas Kap Mobil yang Melaju, Berawal dari Ulah Sopir Acungkan Jari

Kompas.com - 04/01/2024, 11:30 WIB
Isna Rifka Sri Rahayu,
Aprillia Ika

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Dinas Perhubungan (Dishub) Provinsi DKI Jakarta memaparkan kronologi kejadian seorang anggota Dishub yang terbawa di atas kap mobil yang melaju. Video kejadian ini viral di media sosial sejak Rabu (3/1/2024) kemarin.

Kepala Dishub Provinsi DKI Jakarta Syafrin Liputo mengatakan, kejadian ini terjadi pada Rabu (3/1/2024) pukul 13.30 WIB ketika anggota Dishub tengah melakukan monitoring dan pengawasan parkir liar di wilayah Kecamatan Setiabudi, Jakarta Selatan.

"Pada saat penggebahan di Jalan Denpasar Raya, salah satu pengendara mobil Avanza berwarna merah Nomor Kendaraan A 1679 YG merekam dan mengacungkan jari tengah ke semua petugas. Pengendara tersebut melintas sebanyak 4 kali di lokasi tersebut sambil mengacungkan jari tengah ke petugas," ujarnya kepada Kompas.com, Kamis (4/1/2024).

Baca juga: Nyangkut di Kap Mobil, Petugas Dishub Awalnya Tanyai Pengendara yang Bolak-balik Saat Penertiban Parkir Liar

Kemudian sekitar pukul 15.30 WIB, petugas Dishub bermaksud memberhentikan pengendara untuk menanyakan maksud dan tujuan pengendara yang diketahui bernama Andika Randa bersikap seperti itu.

Namun, kata Syafrin, pengendara tidak kooperatif dan memilih tancap gas dan hampir menabrak petugas dishub. Bahkan salah satu petugas yang sedang berusaha menghindari terjangan mobil tersebut malah terbawa di kap mobil sampai ke daerah Menteng, Jakarta Pusat.

Selama perjalanannya, dia menyebut, mobil Avanza yang dikendarai oleh Andika sempat menabrak pengendara roda dua namun mobil tidak menghentikan lajunya dan terus melaju kencang.

"Terdapat dua orang masyarakat yang berupaya mengejar mobil pelaku tersebut akhirnya dua masyarakat ini dapat memberhentikan kendaraan tersebut di Jalan Menteng dan anggota Satpelhub Kecamatan Setiabudi tiba di lokasi tersebut dan kendaraan bersama pengemudi diamankan ke Polsek Setiabudi," jelasnya.

Baca juga: Dishub Diminta Lakukan Razia pada Bus di Tempat Wisata dengan Medan Terjal


Selanjutnya, permasalahan tersebut diselesaikan secara kekeluargaan dan pengemudi telah meminta maaf ke petugas Dishub.

"Kami menghimbau kepada masyarakat untuk mentaati peraturan lalu lintas dan khususnya tidak parkir ditempat yang dilarang agar kendaraannya terhindar dari penderakan oleh petugas di lapangan," ucapnya.

Syafrin juga memastikan petugas Dishub yang terbawa di kap mobil yang diketahui bernama Yan Iskandarsyah selamat setelah kejadian tersebut.

"Alhamdulillah anggota kami selamat," tuturnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com