Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jakarta, Medan, dan Makassar Masuk Daftar Smart City Index 2024

Kompas.com - 25/04/2024, 16:40 WIB
Haryanti Puspa Sari,
Erlangga Djumena

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Institute Management and Development (IMD) mengungkap tiga kota di Indonesia yaitu Jakarta, Medan, dan Makassar masuk dalam smart city terbaik di Asia Tenggara berdasarkan hasil survei Smart City Indeks (SCI) 2024.

Jakarta, Medan, dan Makassar masing-masing menduduki peringkat 103, 112, dan 114 dari total 142 kota dunia yang disurvei pada IMD SCI 2024.

Sementara lima smart city terbaik di Asia Tenggara adalah Singapura (5), Kuala Lumpur (73), dan Bangkok (84), Hanoi (97) dan Jakarta (103).

Baca juga: Simak Daftar 10 Smart City Teratas di Dunia

“Laporan tahunan SCI dirilis untuk membantu pemerintah kota dalam membangun kota masa depan yang tangguh dan mampu beradaptasi terhadap perubahan zaman,” kata Presiden Smart City Observatory Bruno Lanvi bagian dari IMD World Competitiveness Center, yang melakukan penelitian tersebut dalam keterangan tertulis, Kamis (25/4/2024).

"Untuk Indonesia, data SCI relevan untuk membantu upaya merancang ibu kota baru di Nusantara, sebab hasil riset ini memberikan pedoman dan gambaran bagaimana inovasi dan pengembangan kota-kota masa depan," sambungnya.

Bruno mengatakan, laporan ini diharapkan bisa membantu para pengambil kebijakan pengembangan smart city di Indonesia untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat di Jakarta, Medan, dan Makassar.

IMD juga mengungkapkan permasalahan utama yang dialami 3 kota tersebut.

Jakarta

Berdasarkan survei, warga Jakarta mengidentifikasi tiga permasalahan utama yang perlu segera mendapat pemerintah daerah yaitu, polusi udara (68,4 persen), kemacetan lalu lintas (66 persen), dan korupsi (51,7 persen).

Sebaliknya, responden menyatakan tingkat kepuasan yang tinggi terhadap kemudahan mengakses jadwal dan membeli tiket angkutan umum secara online (skor 83,2), menjadwalkan layanan kesehatan secara online (skor 81,1), dan mengakses portal pencarian kerja online (skor 81).

Medan

Sementara itu, di Medan, tiga masalah utama yang mendapat sorotan responden soal keamanan (58,3 persen), pengangguran (53,2 persen), dan korupsi (52,7 persen).

Namun responden menyatakan puas dengan dunia usaha yang menciptakan banyak lapangan kerja (skor 78,3), kemudahan akses jadwal dan pembelian tiket angkutan umum secara online (skor 77,8), dan pencarian kerja online (skor 77).

Makassar

Sementara itu, responden Makassar menyoroti tiga permasalahan utama yaitu, kemacetan lalu lintas (52,6 persen), pengangguran (52,5 persen), dan korupsi (49,6 persen).

Terakhir, sisi positifnya, responden menyatakan kepuasan terhadap kemudahan penjadwalan layanan kesehatan secara online (skor 74), mengakses peluang kerja secara online (skor 73,9), dan akses jadwal dan pembelian tiket angkutan umum secara online (skor 72,1).

Baca juga: Jokowi Ajak Apple Buka Pabrik di RI hingga Kembangkan Smart City di IKN

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com