Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Merger Tiktok Shop dan Tokopedia Dinilai Ciptakan Model Belanja Baru di Industri Digital

Kompas.com - 30/04/2024, 14:00 WIB
Kiki Safitri,
Aprillia Ika

Tim Redaksi


JAKARTA, KOMPAS.com - Asosiasi E-commerce Indonesia (idEA) menilai adanya perubahan dalam trend belanja di industri digital. Menurut idEA, hal ini tidak terlepas dari sinergi platform belanja TikTok Shop dan Tokopedia.

"Integrasi ini membawa tren belanja baru. Integrasi tersebut memungkinkan pengalaman berbelanja yang lebih dinamis dan interaktif,” kata Ketua Umum idEA Bima Laga di Jakarta, Kamis (25/4/2024).

Sebagai informasi, pada 31 Januari 2024, GoTo telah menyelesaikan kesepakatannya dengan TikTok. Mengutip laporan kinerja GOTO, kerja sama ini menghasilkan arus kas positif dengan sangat cepat dan dinilai cukup menjanjikan kedepannya. Apalagi, hal tersebut juga bersamaan dengan pemenuhan kepatuhan terhadap regulasi. 

Menurut Bima, kolaborasi antar platform digital seperti TikTok Shop dan Tokopedia akan menghadirkan warna baru di industri e-commerce, dan menciptakan model atau trend belanja digital masa kini.

Baca juga: Melihat Peluang Industri Digital di Balik Kolaborasi TikTok Shop dan Tokopedia

Di sisi lain, ada banyak manfaat bagi perkembangan UMKM di Indonesia. Pertama, meningkatkan visibilitas, dimana UMKM bisa menjangkau lebih banyak calon pelanggan dan meningkatkan visibilitas produk mereka melalui platform digital yang populer.

Kedua, mempermudah pemasaran dalam menyediakan berbagai tools dan filter untuk membantu UMKM memasarkan produk mereka secara efektif, seperti iklan, media sosial, dan influencer marketing.

Ketiga, mendukung peningkatan keterampilan melalui menyediakan pelatihan dan edukasi bagi UMKM untuk meningkatkan keterampilan digital mereka dan mengembangkan bisnis mereka.

"Dengan strategi yang tepat, kolaborasi tersebut memberikan manfaat bagi semua pihak, termasuk UMKM, konsumen, dan platform digital itu sendiri," lanjut Bima.

Baca juga: Melihat Potensi UMKM Setelah TikTok Shop-Tokopedia Berkolaborasi

 


Bima menambahkan, kolaborasi antar platform digital sangat penting untuk mendukung kemajuan industri digital dan ekonomi Indonesia.

Karena, dapat memperluas jangkauan pasar untuk menjangkau lebih banyak pengguna dan pelanggan, membuka peluang baru bagi bisnis, dan meningkatkan akses produk bagi masyarakat.

“Kolaborasi juga meningkatkan ekonomi digital dan mendorong pertumbuhan ekonomi digital dengan meningkatkan transaksi online, menciptakan lapangan kerja baru, dan meningkatkan inklusi keuangan,” ungkap dia.

Menurut dia, pemain digital perlu menyikapi secara positif kolaborasi yang dilakukan oleh TikTok Shop dan Tokopedia. Sebab, kolaborasi tersebut bisa menjadi salah satu pendekatan untuk bisa fokus terhadap inovasi.

“Kolaborasi ini juga meningkatkan keahlian digital guna meningkatkan online shopping expereience ke depannya," tegas Bima.

Baca juga: TikTok Shop “Come Back”, Bos Tokopedia Jamin Keamanan Data Terjaga

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com