Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pemerintah Targetkan Pendaftaran CPNS 2024 Dibuka Juni

Kompas.com - 05/05/2024, 11:41 WIB
Mela Arnani

Penulis

KOMPAS.com - Tahun ini pemerintah kembali mengadakan seleksi calon aparatur sipil negara (CASN) tahun 2024, termasuk rekrutmen calon pegawai negeri sipil (CPNS).

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Abdullah Azwar Anas menargetkan pendaftaran CPNS 2024 akan dimulai bulan Juni mendatang.

“Kami targetkan pendaftaran CASN dimulai Juni 2024,” ujar Anas dalam keterangan resmi yang dikutip Kompas.com, Minggu (5/5/2024).

Baca juga: Seleksi CPNS 2024 Akan Dibuka Juni

Anas menjelaskan, pendaftaran CASN dapat dibuka setelah proses verifikasi dan validasi formasi oleh Badan Kepegawaian Negara (BKN) selesai dilakukan.

Saat ini, BKN tengah mempercepat verifikasi terhadap pengisian formasi yang dilakukan kementerian/lembaga dan pemerintah daerah (pemda).

Hingga 3 Mei lalu, tercatat masih ada empat instansi yang belum melakukan pengisian rincian formasi.

“Kami berharap 4 instansi itu segera mempercepat pengisian rincian formasinya di sistem BKN. Termasuk di dalamnya ada instansi daerah, yang sebenarnya sudah kita perpanjang ini tenggat pengisiannya. Kalau ini sudah beres 100 persen, kita bisa memulai pendaftaran CASN yang sudah ditunggu-tunggu publik,” tutur Anas.

Baca juga: Daftar 8 Instansi yang Buka Lowongan CPNS 2024 Lewat Sekolah Kedinasan

Anas menambahkan, belum ada kepastian mengenai jadwal pengumuman oleh instansi, pendaftaran, dan proses seleksi.

“Karena ini juga terkait dengan kecepatan dan ketepatan pengisian dari K/L dan Pemda. Karena ada kasus, Pemda mengisi rincian, setelah diverifikasi BKN ternyata keliru, maka harus dibetulkan lagi,” paparnya.

Dijelaskan, kendala keterlambatan instansi dalam menyampaikan rincian formasi antara lain instansi masih melakukan pemetaan jabatan, keterbatasan informasi terhadap data Non-ASN baik terkait jumlah pegawai, kualifikasi pendidikan serta jabatan yang akan diusulkan, dan belum selesainya pemutakhiran data peta jabatan oleh instansi pada layanan elektronik SIASN BKN.

Rincian kebutuhan pegawai ASN yang telah disampaikan instansi pemerintah akan divalidasi BKN, dan hasil validasi akan disampaikan dalam bentuk Pertimbangan Teknis sebagai pertimbangan Menteri PANRB dalam penetapan rincian kebutuhan ASN.

“Insyaallah pendaftaran bisa kita mulai di Juni atau Juli tahun ini, setelah instansi menerima surat keputusan Menteri PANRB tentang penetapan kebutuhan ASN dan berkoordinasi dengan BKN untuk pengumuman lowongan formasi dan persiapan seleksi,” jelas Anas.

Baca juga: Pendaftaran CASN 2024, Instansi Diminta Segera Isi Rincian Formasi ASN

Sebelumnya, Kementerian PANRB telah menyetujui 1,2 juta yang terbagi menjadi 427.650 formasi pada instansi pusat dan 862.174 formasi pada instansi daerah.

Jumlah tersebut bagian dari tahap awal pemenuhan kebutuhan 2,3 juta ASN yang akan direkrut secara berkelanjutan.

Dari total usulan yang disampaikan serta yang telah dilakukan verifikasi dan validasi oleh BKN, menghasilkan pemenuhan SDM talenta digital untuk penempatan di Ibu Kota Nusantara (IKN) sebanyak 2.906 formasi.

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com