Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Minggu Terakhir Mei 2019, Inflasi Masih Terkendali

JAKARTA, KOMPAS.com - Gubernur Bank Indonesia (BI) Perry Warjiyo memproyeksi inflasi di minggu kelima bulan Mei 2019 tidak jauh berbeda dengan minggu-minggu sebelumnya. Bahkan, angka inflasi di minggu keempat dan kelima persis sama, yaitu 0,47 persen (mtm) dan 3,1 persen (yoy).

"Berdasarkan Survei Pemantauan Harga Bank Indonesia, kita perkirakan inflasi di minggu ke-5 berada di angka 0,47 persen (mtm) dan 3,1 persen (yoy)," sebut Perry di Jakarta, Jumat (31/5/2019).

Inflasi ini masih sama dengan inflasi minggu keempat Mei 2019. Berdasarkan Survei Pemantauan Harga sampai minggu keempat Mei 2019, inflasi diperkirakan mencapai 0,47 persen secara bulanan dan 3,1 persen secara tahunan (yoy).

Sedangkan, di minggu ketiga, Perry memprediksi inflasi berada di angka 0,51 persen secara bulanan (mtm), lebih rendah dari rata-rata 3 tahun terakhir.

Faktor tinggi dan rendahnya Inflasi di minggu kelima papar Perry, pun masih sama dengan minggu ketiga dan keempat. Komoditas penyumbang inflasi masih cabai merah, daging ayam, bawang putih, dan beberapa buah.

"Sedangkan yang menurunkan inflasi masih bawang merah, beras, tarif angkutan udara, dan beberapa sayuran," papar Perry.

Perry menyebut, rendahnya angka inflasi menunjukkan komitmen dari berbagai pihak untuk bisa memastikan ketersediaan pangan berjalan baik selama Ramadhan.

"Alhamdulillah harga-harga terpantau rendah dan terkendali. Kecukupan stok di Indonesia terpantau baik dan ini menunjukkan komitmen kita semua untuk memastikan ketersediaan pangan terjaga baik dan membuat harga pangan terkendali," ucapnya.

https://money.kompas.com/read/2019/05/31/141612226/minggu-terakhir-mei-2019-inflasi-masih-terkendali

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke