Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Tarif Angkutan Penyeberangan Belum Naik, INFA Janji Tak Gelar Aksi Mogok

JAKARTA, KOMPAS.com - Indonesia National Ferry Owners Association (INFA) memastikan tak akan melakukan aksi mogok meski pemerintah belum juga menaikkan tarif angkutan penyeberangan di Indonesia.

Ketua Umum INFA Eddy Oetomo mengatakan, dalam mengajukan kenaikan tarif, pihaknya tak akan menekan pemerintah. Apalagi dengan mengancam aksi mogok.

“Selama ini pemerintah cukup akomodatif dan merespon dengan baik usulan kami dengan kesepakatan yang memadai,” ujar Eddy dalam keterangan tertulisnya, Kamis (6/2/2020).

Eddy mengakui penyusunan tarif angkutan penyeberangan bukan hal yang mudah. Atas dasar itu, dia memaklumi jika pemerintah tak terburu-buru dalam melakukan evaluasi tarif.

“Kenaikan tarif angkutan penyeberangan yang serentak di seluruh Indonesia ini tidak dapat disangkal lagi sedikit banyak akan menimbulkan multiplier effect pada perekonomian bangsa. Oleh karena itu, kami memaklumi jika pemerintah harus sangat berhati-hati melakukannya," kata Eddy.

Eddy menjelaskan, pihaknya mengusulkan kenaikan tarif angkutan penyeberangan ke pemerintah sebesar 10 sampai 15 persen. Namun, ada sejumlah pihak yang meminta kenaikan tarif hingga 38 persen.

“Namun sebelum penetapan dari pemerintah sudah ada permintaan kenaikan tarif yang lebih besar daripada yang diusulkan. Tapi permintaan yang terakhir ini bukan dari INFA,” ucap dia.

https://money.kompas.com/read/2020/02/07/053800026/tarif-angkutan-penyeberangan-belum-naik-infa-janji-tak-gelar-aksi-mogok

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke