Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Mengintip Bisnis Kopi di Tengah Pandemi, Menggeliat?

JAKARTA, KOMPAS.com - Minum kopi kini menjadi salah satu rutinitas yang tak bisa dilewatkan banyak orang. 

Apabila dulu meminum kopi lazimnya hanya di pagi hari, namun saat ini kopi bisa dinikmati kapan saja dan di mana saja. 

Peminumnya pun bukan lagi dari kalangan orang tua, namun juga anak muda. Kopi pun menjadi minuman favorit mereka, seiring menjamurnya kafe dan warung kopi kekinian yang menawarkan beragam rasa dan varian kopi. 

Lalu, bagaimana bisnis kopi di tengah pandemi virus corona? 

Chief Executive Officer Jago Coffee Yoshua Tanu menyatakan, sebenarnya bisnis kopi masih bergeliat walaupun ada pandemi. Sebab, menurut dia, saat ini kopi adalah produk yang sudah pasti dibutuhkan orang selain air mineral.

"Coba kita lihat sekarang, siapa sih yang enggak suka kopi, memang ada beberapa tapi mayoritasnya pada suka kopi. Kopi itu pasti dibutuhkan orang lain selain air mineral, nongkrong aja jarang yang memesan air mineral, tapi kopi yang dipesan," ujar Yoshua saat dihubungi Kompas.com, Selasa (6/10/2020).

Menurut dia, sekalipun ada pandemi dan penerapan kerja dari rumah atau work from home (WFH) tidak membuat keinginan minum kopi menjadi surut.

Adanya inovasi baru dari para pengusaha industri kopi yang membuat konsep kemasan literan, membuat para konsumen merasa terbantu.

Pun dengan perusahaan miliknya. 

"Sekalipun ada WFH kopi tidak tertinggal, justru selama WFH orang mengandalkan tenaga dan energi yang lebih lagi. Orang kalau stres ada yang suka ngopi dulu kan baru dapat ide atau semangat baru," jelas Yoshua. 


Hanya saja saat ini, kata dia, pandemi membuat pendapatan tidak stabil dan memicu daya beli masyarakat akan kopi menjadi sedikit melemah. Namun, Yoshua memandang hal itu lumrah. 

"Income sekarang masih belum stabil, makanya kebanyakan orang sedang menunggu situasi. Tapi ini enggak akan lama kok, ke depannya bisnis ini masih akan growth, cuma saat ini ada efek sementara dulu karena situasi sekarang," ungkapnya.


https://money.kompas.com/read/2020/10/12/123747326/mengintip-bisnis-kopi-di-tengah-pandemi-menggeliat

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke