Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Gelar Diskon Pertalite di Berbagai Daerah, Upaya Pertamina Hapus Premium?

Kota Denpasar dan Kabupaten Gianyar menjadi dua wilayah yang pertama kali diterapkan diskon harga Pertalite menjadi Rp 6.450 per liter, atau setara dengan Premium.

Program tersebut terus diperluas wilayahnya oleh Pertamina, hingga saat ini telah diterapkan di Jakarta Pusat dan Jakarta Utara.

Pjs VP Corporate Communication Pertamina, Heppy Wulansari mengatakan, potongan harga tersebut merupakan upaya edukasi kepada masyarakat untuk beralih dari penggunaan BBM yang tidak ramah lingkungan, seperti Premium.

"Pertamina akan terus mengedukasi konsumen untuk menggunakan BBM ramah lingkungan dan BBM yang lebih berkualitas," ujarnya kepada Kompas.com, Senin (16/11/2020).

Selain itu, PLB dinilai sejalan dengan upaya pemerintah untuk menekan kadar emisi gas buang berbahaya.

"Program Langit Biru juga  sejalan dengan komitmen Pemerintah Indonesia dalam Nationally Determined Contribution (NDC) untuk menurunkan emisi hingga 29 persen pada 2030 yang merupakan tindak lanjut Paris Agreement," tutur Heppy.

Terkait dengan rencana penghapusan Premium, Heppy menyebutkan keputusan sepenuhnya berada di tangan pemerintah.

"Pertamina akan menyalurkan (Premium) selagi masih ada penugasan," katanya.

Sebagai informasi, PLB telah diterapkan di berbagai wilayah, mulai dari Kota Denpasar, Kabupaten Gianyar,  Kota Tangerang Selatan, Kabupaten Serang, Kota Cilegon, Kota Jakarta Pusat, dan Kota Jakarta Utara.

Diskon yang diberikan guna mendorong peralihan jenis konsumsi BBM itu hanya bisa dinikmati oleh konsumen kendaraan bermotor roda dua dan roda tiga, angkutan umum kota (angkot) serta taksi pelat kuning.

https://money.kompas.com/read/2020/11/16/123700926/gelar-diskon-pertalite-di-berbagai-daerah-upaya-pertamina-hapus-premium-

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke