Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Cabai Merah hingga Tiket Pesawat Penyebab Deflasi Pertama Tahun 2021

Kepala BPS Margo Yuwono mengatakan, dilihat dari 11 kelompok pengeluaran, 4 di antaranya mengalami deflasi, yaitu kelompok makanan, minuman, tembakau, pakaian dan alas kaki, transportasi, serta informasi, komunikasi, dan jasa keuangan.

Kelompok makanan, minuman, dan tembakau menjadi kelompok dengan deflasi serta andil terbesar. BPS mencatat kelompok ini mengalami deflasi sebesar 0,71 persen dan andil 0,18 persen.

Kemudian, kelompok transportasi mengalami deflasi 0,35 persen dan andil 0,04 persen. Sementara kelompok pakaian dan alas kaki mengalami deflasi sebesar 0,12 persen dengan andil 0,01 persen.

"Kelompok pengeluaran untuk informasi dan jasa keuangan terjadi deflasi sebesar 0,01 persen dan relatif tidak memberikan andil terhadap deflasi," kata Margo dalam konferensi pers virtual, Kamis (1/7/2021).

Lebih lanjut Margo merinci, tingginya deflasi kelompok makanan, minuman, dan harga tembakau utamanya disebakan oleh merosotnya harga cabai merah, daging ayam tas, dan bawang merah.

"Sementara pada kelompok ini juga terjadi kenaikan harga terutama pada telur ayam ras dan juga bayam," ujarnya.

Lalu, turunnya tarif angkutan antar kota serta angkutan kereta api menjadi dua jenis komoditas utama yang memberikan andil deflasi terhadap kelompok transportasi.

"Ini disebabkan karena adanya momen Idul Fitri pada bulan sebelumnya," ucap Margo.

Dengan deflasi sebesar 0,16 persen pada Juni, inflasi tahun berjalan sampai dengan Juni 2021 tercatat sebesar 0,74 persen. Sementara itu, jika dibandingkan dengan periode yang sama tahun lalu inflasi sebesar 1,33 persen.

https://money.kompas.com/read/2021/07/01/123800126/cabai-merah-hingga-tiket-pesawat-penyebab-deflasi-pertama-tahun-2021

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke