Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Program Kartu Prakerja Diklaim Beri Dampak Positif ke Masyarakat

Menurut Puspa, tujuan utama program Kartu Prakerja adalah memberikan pelatihan untuk peningkatkan kompetensi. Hal ini ia sampaikan dalam Dialog Produktif Kabar Kamis Forum Merdeka Barat 9 Komite Penanganan Covid dan Pemulihan Ekonomi Nasional.

"Namun, jika ada peserta yang juga mengharapkan insentifnya, tentu saja itu manusiawi, mengingat kondisi pandemi yang menyulitkan banyak orang. Sebagai upaya pendampingan, kami terus memberikan edukasi, sosialisasi, juga rekomendasi pekerjaan, sesuai keterampilan yang didapatkan peserta saat mengikuti pelatihan," ujarnya melalui siaran pers, Jumat (24/9/2021).

Ia mengatakan program Kartu Prakerja telah memasuki gelombang ke-21 dan menjangkau lebih dari 11,4 juta penerima manfaat di 514 kabupaten dan kota seluruh Indonesia. Ia menyebut pihaknya telah menerima sekitar 75 juta pendaftar Kartu Prakerja.

Kartu Prakerja adalah program pengembangan kompetensi kerja dan kewirausahaan, diwujudkan dalam bentuk pelatihan yang berlangsung daring di masa pandemi, di samping bantuan sosial tunai.

Program ini ditujukan bagi pencari kerja, pekerja yang terkena pemutusan hubungan kerja (PHK), atau pekerja yang membutuhkan peningkatan kompetensi, termasuk pelaku usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM).

Kartu Prakerja diklaim terbukti efektif menjalankan fungsi sebagai program peningkatan keterampilan angkatan kerja Indonesia. Namun program ini tak bisa berjalan sendirian dalam mewujudkan visi Sumberdaya Manusia Unggul Menuju Indonesia Maju 2045.


Pengamat ekonomi dari Center of Reform on Economic (CORE) Yusuf Rendy Manilet menilai pemerintah juga harus mempersiapkan strategi untuk penciptaan lapangan kerja lebih luas, termasuk dengan mengundang investasi lebih besar ke dalam negari.

Rendy menyebut bahwa Kartu Prakerja merupakan progam unik, yang awalnya didesain bukan untuk pandemi, melainkan dalam visi peningkatan kualitas sumberdaya manusia.

Saat ini, Kartu Prakerja telah menjadi bagian dari program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) klaster perlindungan sosial dan menyediakan pilihan kelas pelatihan yang sangat beragam sehingga dinilai inklusif.

Menurut dia, Kartu Prakerja bisa menjadi bantalan sementara di masa pandemi karena peserta mendapatkan pelatihan kompetensi serta insentif yang dapat meningkatkan daya beli.

"Berkat pandemi, masyarakat jadi tahu tentang keberadaan Kartu Prakerja untuk peningkatan keterampilan. Program ini sangat berpotensi menjadi acuan dan pilar pengembangan sumber daya manusia di Indonesia, serta menjadi sarana inkubasi mendukung upaya pemerintah dalam mencetak wirausaha," kata dia.

https://money.kompas.com/read/2021/09/24/135538726/program-kartu-prakerja-diklaim-beri-dampak-positif-ke-masyarakat

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke