Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Rincian Lengkap Tarif Tol Cipali untuk Kendaraan Golongan I hingga V

JAKARTA, KOMPAS.com – Tol Cikopo-Palimanan atau jalan tol Cipali merupakan salah satu jalur yang banyak digunakan oleh masyarakat, terutama para pemudik di pulau Jawa. Tol sepanjang 116 kilometer dari Cikopo, Purwakarta ke Palimanan, Cirebon Jawa Barat ini diresmikan oleh Presiden Joko Widodo pada 13 Juni 2015 silam. Berapa tarif tol Cipali tahun 2021?

Mengetahui berapa tarif tol Cipali (tarif tol Cikampek Palimanan) menjadi hal penting bagi para pengendara yang melalui jalur ini. Pasalnya, tarif tol Cipali dapat berubah sewaktu-waktu sesuai dengan kebijakan pengelola.

Dengan mengetahui informasi tarif tol Cipali, Anda dapat menyiapkan biaya yang diperlukan. Terlebih, sistem pembayaran di hampir setiap gerbang tol saat ini menggunakan uang elektronik atau e-money (e-toll).

Selain itu, tarif tol Cipali juga berbeda-beda, tergantung dari gerbang masuk dan keluar tol mana yang dilalui pengendara. Tercatat di sepanjang tol Cipali, ada tujuh gerbang tol yang bakal Anda temukan.

Sebagai contoh, tarif tol Cipali dari gerbang masuk Cikopo keluar Palimanan dengan dari gerbang masuk Kalijati keluar Palimanan tentu akan berbeda.

Pun sebaliknya, tarif tol Cipali dari gerbang masuk Palimanan keluar Cikopo dengan dari gerbang masuk Sumberjaya keluar Cikopo tidak sama.

Perbedaan tarif tol Cipali (tarif tol Cikampek Palimanan) juga berdasarkan jenis golongan kendaraan. Aturan ini tertuang dalam Keputusan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Nomor 1219/KPTS/M/2019 tanggal 27 Desember 2019 tentang Penyesuaian Tarif Tol Pada Jalan Tol Cikopo-Palimanan.

Rincian tarif tol Cipali

Berikut ini adalah jalan tol Cipali sebagaimana dikutip dari laman bpjt.pu.go.id, Sabtu (18/12/2021). Sebagai catatan, besaran tarif tol Cipali di bawah ini juga berlaku pada perjalanan sebaliknya:

Tarif tol Cipali untuk kendaraan golongan I

Tarif tol Cipali untuk kendaraan golongan II dan III

Tarif tol Cipali untuk kendaraan golongan IV dan V

Demikian informasi tentang tarif tol Cipali terbaru tahun 2021. Dengan mengetahui besaran tarif tol Cipali, Anda dapat menyiapkan biaya untuk dibayarkan di gerbang tol menggunakan e-money. Karena tarif tol Cipali bervariasi, tergantung dari jarak yang dilewati serta jenis kendaraan yang digunakan.

https://money.kompas.com/read/2021/12/18/184603826/rincian-lengkap-tarif-tol-cipali-untuk-kendaraan-golongan-i-hingga-v

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke