Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

BRI Pasang Target Pertumbuhan Kredit di Atas Rata-rata Nasional, Dirut: Harus Berani

Ini selaras dengan target pertumbuhan kredit perbankan nasional sebesar 6 persen hingga 8 persen secara tahunan (year on year/yoy).

Sebagai salah satu bank terbesar Tanah Air, PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk memasang target pertumbuhan yang lebih tinggi dari target nasional itu.

Bank yang fokus bergerak pada segmen UMKM itu menargetkan pertumbuhan kredit di kisaran 9 persen hingga 11 persen secara yoy pada tahun 2021.

"BRI mengikuti targetnya nasional adalah loan growth nasional perbankan targetnya 8 persen. Maka BRI harus berani menetapkan loan growth 9-11 persen," ujar Direktur Utama BRI, Sunarso, dalam CNBC Indonesia Economic Outlook 2022, Selasa (22/3/2022).

Menurutnya, dalam rangka mendongkrak pertumbuhan kredit, harga jual atau pricing kredit yang murah bukan menjadi satu-satunya faktor utama.

Kredit dengan suku bunga rendah dinilai tidak serta-merta mengkerek pertumbuhan kredit.

"Loan growth itu tidak semata-mata didorong pricing yang murah," katanya.

Faktor permintaan kredit

Ia menjelaskan, faktor penting lainnya dalam menggenjot pertumbuhan kredit ialah permintaan kredit. Di tengah momentum pemulihan ekonomi nasional, permintaan kredit diproyeksi meningkat.

Pasalnya, salah satu indikator perekonomian nasional, yakni konsumsi rumah tangga, tengah berada dalam tren positif. Oleh karenanya, BRI berani memasang target pertumbuhan kredit hingga di atas 10 persen pada tahun ini.

"Daya beli masyarakat konsumsi rumah tangga itu bisa dipastikan loan growth bisa dipacu," ucap Sunarso.

https://money.kompas.com/read/2022/03/22/173000826/bri-pasang-target-pertumbuhan-kredit-di-atas-rata-rata-nasional-dirut--harus

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke