Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Erick Thohir: BUMN Itu Sepertiga Kekuatan Ekonomi Indonesia

Perekonomian Indonesia sendiri kerap diproyeksi memasuki masa kejayaan pada tahun 2045 mendatang. Pada tahun tersebut, Indonesia diprediksi masuk dalam 5 besar ekonomi dunia.

Namun demikian, Erick menekankan, potensi itu tentu tidak bisa datang dengan sendirinya. Oleh karenanya, Ia akan mengoptimalkan peran BUMN dalam mendorong percepatan implementasi arah kebijakan ekonomi nasional.

“BUMN sepertiga kekuatan ekonomi Indonesia,” ujar dia, dalam sambutannya pada acara BUMN Corporate Communications and Sustainability Summit 2022 di Istora Senayan, jakarta, Rabu (23/3/2022).

Lebih lanjut mantan bos Inter Milan itu bilang, sebagai perpanjangan tangan pemerintah, BUMN harus bisa mengoptimalkan segala potensi ekonomi yang ada. Besarnya peluang ekonomi yang dimiliki Indonesia diharapkan tidak dinikmati bangsa lain.

“Road map kita yang harus kita punyai, bukan road map China atau Amerika, tetapi road map Indonesia. Di mana BUMN berperan dan bertanggung jawab atas road map itu,” tutur dia.

Agar bisa mengoptimalkan peran tersebut, Erick terus mendorong seluruh BUMN mampu beradaptasi dan mampu menyesuaikan model bisnisnya dengan perkembangan zaman yang serba digital seperti saat ini.

Menurut data yang dimilikinya, pertumbuhan ekonomi digital sudah mencapai Rp 2.345 triliun. BUMN diharapkan bisa memaksimalkan potensi ekonomi digital itu.

“Apa rela market kita yang besar ini dipakai untuk pertumbuhan bangsa lain lagi? Padahal 273 juta penduduk Indonesia mayoritas generasi z,” ujar Erick.


Peran BUMN dorong perekonomian Indonesia

Di sisi lain, Erick juga menyinggung peran BUMN untuk bisa mengoptimalkan kekayaan alam Indonesia untuk sebesar-besarnya mendorong perekonomian nasional.

“Sama juga dengan sumber daya alam, sampai kapan market kita yang besar ini dipakai untuk pertumbuhan bangsa lain, bukan untuk pertumbuhan bangsa ini,” kata dia.

Namun, Erick menekankan, BUMN tidak bisa bekerja sendirian. Dukungan dari berbagai pihak untuk sama-sama terlibat dalam upaya mengoptimalkan peluang pertumbuhan ekonomi nasional dinilai menjadi penting keberadaannya.

Oleh karenanya, untuk menarik minat keikutsertaan masyarakat, diperlukan dukungan implementasi komunikasi dan literasi yang baik.

Pada kesempatan yang sama, Staf Khusus III Kementerian BUMN Arya Sinulingga mengatakan, kinerja BUMN terus meningkat dibandingkan tahun 2021. Terlihat bagaimana banyak kinerja perusahaan plat merah itu terindikasi hijau.

“Bagaimana kita waktu pertama 2012 hijaunya cuman satu. 2020 mulai banyak hijau kuning dan merah berkurang. 2021 sudah mulai banyak hijau kuning dan orange. Tahun ini kita harapkan yang merah tidak ada,” terangnya.

Dia melaporkan, total pemberitaan BUMN mencapai 664.157. Dimana salah satu yang terkuat adalah dukungan dalam partisipasi vaksinasi.

“Untuk pemberitaan BUMN sediri 80 persen positif dan hanya 6 persen negatif,” ucap dia.

https://money.kompas.com/read/2022/03/24/114500626/erick-thohir--bumn-itu-sepertiga-kekuatan-ekonomi-indonesia

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke