Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Kelola Blok Rokan, Pertamina Sudah Setor Rp 30 Triliun ke Negara

“Sejak alih kelola (blok rokan) untuk penerimaan negara dari pajak, yakni dari PNBP sekitar hampir Rp 30 triliun, penerimaannya sangat besar dan kami bangga bisa berkontribusi,” ujar pria yang akrab disapa Buyung dalam paparannya secara virtual, Kamis (18/8/2022).

Jaffee menjelaskan, pihaknya akan mempertahankan kontribusi terhadap negara kedepannya. Hal ini dibuktikan dengan penyertaan dokumen draft Plan Of Development (POD) untuk Chemical Enhanced Oil Recovery (EOR).

“Kami juga akan mempertahankan kontribusi terhadap negara, tahun ini kami sudah menyerahkan kepada Kepala SKK Migas draft POD fase I EOR, mudah-mudahan tidak lama lagi draft iru selesai, dan bisa kita laksanakan,” ungkap dia.

Di sisi lain, untuk menjaga produksi, PHR juga menargetkan drilling di dua sumur yang ditargetkan akan dilakukan di bulan Desmeber 2022 hingga Januari 2023. PHR juga terus berupaya melakukan eksplorasi dan mencari cadangan-cadangan baru.

Jaffee mengungkapkan, sejak alih kelola Blok Rokan, pihanya sudah meningkatkan produksi mencapai 120.000 barrel per hari. Menurut dia dengan memaksimalkan sumur yang akan akan menekan penurunan 11 persen.

Namun, posisi tersebut berhasil melawan penurunan 26 persen sebelumnya. Di akhir Juli 2022, produksi PHR mengalami kenaikan 1,5 persen, dan di Agustus tahun ini sudah naik 2,5 persen.

“Rata-rata Agustus kita sudah naik 2,5 persen, trend-nya memang naik. Kalau dilihat dari data yang ada, ini pertama kalinya produksi naik,” tegas dia.

https://money.kompas.com/read/2022/08/18/163900626/kelola-blok-rokan-pertamina-sudah-setor-rp-30-triliun-ke-negara

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke