Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Cerita Erick Thohir di Balik Sukses RI Tangani Pandemi: Kita Sangat Cepat Mengantisipasi...

Sebagai salah satu negara yang berhasil menangani Covid-19, Erick mengatakan Indonesia tidak boleh berpuas diri, karena tantangan kedepan masih akan terjadi.

“Indonesia tak boleh berpuas diri setelah berhasil melakukan penanganan Covid-19 dengan baik. Tantangan hari ini dan ke depan masih akan terus terjadi,” kata Erick dalam siaran pers, Kamis (18/8/2022).

Erick puji kerja sama seluruh anak bangsa tangani pandemi

Erick menyampaikan pandemi Covid-19 juga terbukti kian memperkuat kerja sama seluruh anak bangsa, baik yang berada di jajaran pemerintahan, TNI, Polri, alim ulama, dan tentunya masyarakat.

Hal ini menjadi kekuatan utama bangsa untuk bisa keluar dari tekanan pandemi. Erick mengatakan kolaborasi juga lah yang membuat Indonesia dapat bergerak cepat menyediakan fasilitas kesehatan untuk menangani covid-19.

Tak perlu bangun pusat penanganan Covid-19, hingga bertugas cari vaksin

"Kalau kita lihat kembali, apa yang dilakukan Indonesia luar biasa. Kita sangat cepat mengantisipasi. Rezeki anak saleh, kebetulan baru selesai Asean Games, saya dan Pak Menteri Basuki berbicara kepada Pak Presiden untuk penggunaan Wisma Atlet. Kita tidak perlu membangun lagi sehingga saat awal-awal belasan ribu orang mencari tempat penanganan Covid, kita sudah punya RS terbesar waktu itu," ujar mantan presiden Inter Milan tersebut.

Erick mengungkapkan, pemerintah juga menugaskan dirinya bersama Menteri Luar Negeri Retno Marsudi untuk mencari vaksin Covid-19 hingga ke Cina dan Inggris.

Dengan kerja sama yang baik, Indonesia akhirnya mampu mendatangkan vaksin Sinovac dan AstraZeneca.


Kerja sama antara BUMN hingga RS tangani pandemi

Ia menyampaikan BUMN-BUMN di sektor kesehatan, baik farmasi hingga rumah sakit yang didukung BUMN lain pun terus berjuang dalam melakukan penanganan Covid-19 dan juga melakukan percepatan vaksinasi dengan program vaksinasi bersama BUMN di sejumlah daerah.

“Hal ini menjadi bukti nyata dengan persatuan dan kebersamaan, Indonesia dapat keluar dari krisis. Banyak hal yang sudah dilakukan bangsa Indonesia selama 77 tahun ini. Ada kekuatan yang luar biasa, bagaimana bangsa kita ini dari krisis ke krisis, terus bersatu," ungkap Erick.

Dia menjelaskan, kedepannya ada tantangan yang juga perlu dipersiapkan, seperti kondisi perubahan iklim yang tidak menentu mengancam produktivitas sektor pangan, hingga disrupsi digital. Ini dinilai bisa membuat hilangnya banyak pekerjaan dan jenis usaha.

“Belum lagi dari sektor kesehatan yang kita tidak pernah tahu apakah pandemi tidak datang lagi,” tegas dia.

https://money.kompas.com/read/2022/08/19/080000326/cerita-erick-thohir-di-balik-sukses-ri-tangani-pandemi--kita-sangat-cepat

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke