Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Catat Ragam Biaya Admin Shopee untuk Penjual

Terkait hal ini, informasi mengenai biaya layanan Shopee Seller penting diketahui bagi Anda yang berjualan di platform marketplace tersebut.

Biaya admin Shopee untuk penjual terdiri dari beberapa jenis, termasuk yang berlaku untuk biaya admin Shopee Non-Star Seller.

Dikutip dari laman resmi seller.shopee.co.id, untuk berjualan di Shopee, ada beberapa jenis biaya yang dapat dikenakan kepada penjual atas layanan yang telah diberikan.

Berikut merupakan biaya-biaya yang dikenakan kepada Penjual untuk berjualan di Shopee:

1. Biaya Administrasi

Biaya administrasi dikenakan kepada:

Biaya administrasi akan dikenakan berdasarkan kategori produk yang dijual. Rincian biaya dan pembagian Kategori A, B, C, D, dan E bisa dilihat pada tautan ini.

Persentase biaya administrasi final berdasarkan pada sub-kategori produk, antara 2,5 persen, 4,5 persen, atau 6,5 persen.

2. Biaya Pembayaran

Per 1 Maret 2022, khusus untuk Penjual Shopee Mall dikenakan biaya pembayaran sebesar 1,8 persen dari setiap produk yang berhasil terjual dan berlaku sama untuk semua kategori produk.


3. Biaya Penanganan Pembeli

Biaya penanganan pembeli adalah biaya yang dikenakan pembeli ketika berhasil checkout. Biaya penanganan dihitung dari total transaksi dan bervariasi tergantung pada metode pembayaran.

Biaya ini akan dipotong secara otomatis melalui sistem Shopee saat dana hasil penjualan dilepaskan ke saldo penjual.

4. Biaya Layanan

Penjual yang mengikuti program Cashback XTRA dan Gratis Ongkir XTRA akan dikenakan biaya layanan.

Itulah sejumlah ulasan mengenai biaya admin Shopee untuk penjual. Ingat, biaya admin Shopee Non-Star Seller hanya dikenakan setelah penjual mencapai penjulan ke-50.

https://money.kompas.com/read/2023/01/02/113834526/catat-ragam-biaya-admin-shopee-untuk-penjual

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke