Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

5 Cara Memperbaiki Keuangan supaya Lebih Sehat

Nah, menurut Brent Weiss, salah satu pendiri Facet, perusahaan perencanaan keuangan di AS, agar kondisi keuangan bisa lebih baik, bahkan bisa sampai ke tingkat keamanan finansial jangka panjang, kamu setidaknya harus mempunyai dua hingga tiga tujuan kecil terlebih dahulu. Dengan begitu, kamu bisa melihat kemajuan pada 6 hingga 12 bulan ke depan.

“Yang paling penting adalah tetap sederhana. Yang paling banyak kita kerjakan adalah tiga hal, di mana pola kehidupan terjadi. Ini bukan tentang mengubah hidup tetapi mengubah beberapa hal untuk meningkatkan kesehatan finansial kamu,” kata Weiss.

Dilansir dari CNN, setidaknya ada 5 cara yang bisa dilakukan untuk memperbaiki situasi keuangan kamu. Apa saja? Simak di bawah ini ya.

1. Gambarkan pola keuangan saat ini

Sebelum memutuskan dua atau tiga tujuan spesifik kamu, Weiss menyarankan untuk mendapatkan gambaran singkat tentang posisi keuangan kamu saat ini.

Ada beberapa pertanyaan yang mungkin berkaitan. Misalnya, berapa banyak uang yang kamu hasilkan setiap bulan? Berapa banyak yang kamu habiskan untuk membayar hal yang rutin? Berapa banyak yang kamu tabung saat ini dan berapa banyak yang Anda belanjakan? Berapa nilai aset kamu? Dan apakah kamu punya utang?

"Setelah selesai melakukannya, lihat lebih dalam pola pengeluaran kamu. Uraikan ke mana uang kamu pergi secara khusus dan buat kolom "kebutuhan" dan kolom "keinginan"," kata Rose Niang, direktur perencanaan keuangan di Edelman Financial Engines.

Jadi, misalnya, membayar sewa atau cicilan rumah adalah kebutuhan yang pasti. Sedangkan nongkrong di tempat ngopi merupakan keinginan.

Intinya sebut Niang, bukan untuk merampas keinginan kamu, tetapi untuk mendapatkan gambaran yang lebih jelas tentang uang apa yang tersedia untuk digunakan ke hal lain yang lebih penting.

2. Lakukan perubahan 1 persen

Lakukan perubahan meski hanya sedikit. Misalnya menabung lah meski hanya sedikit. Mulailah dari yang kecil jika memang dana yang dimiliki terbatas.

Bahkan peningkatan satu atau dua persen setahun dapat membuat perbedaan nyata dari waktu ke waktu. Apakah tujuan kamu adalah meningkatkan tabungan untuk masa pensiun, biaya kuliah, keadaan darurat, uang muka rumah, atau daftar keinginan lainnya.

“Kamu akan terkejut, kaerna kamu tidak menyadarinya,” kata Niang.

3. Bayar utang berbunga tinggi

Kenaikan suku bunga yang mencapai rekor tertinggi tahun ini, tentunya membuat banyak orang semakin khawatir dalam melunasi pinjamannya. Dengan melunasi sebagian cicilan berbunga tinggi, akan memudahkan kamu dalam menyiasati kondisi keuangan.

Selain itu, dengan membayar utang berbunga tinggi dinilai akan lebih membantu kondisi keuangan, baik dalam jangka pendek maupun panjang. Walau demikian, memang dengan melunasi utang dalam jumlah besar akan membuat hasil jerih payahmu selama ini akan hilang.

Salah satu pilihan untuk membayar utang kamu sambil meminimalkan biaya bunga adalah dengan menggunakan kartu kredt dengan tingkat bunga awal 0 persen dengan tenor yang panjang, seperti 21 bulan misalnya. Selain itu, pastikan kartumu memiliki biaya dan denda yang sangat rendah. Tapi tentunya wajib bagi kamu untuk berkomitmen melunasi pinjaman sebelum diskon 0 persen berakhir.

4. Asuransi jiwa

Jika sudah memiliki anak dan ingin memastikan biaya pendidikan mereka aman ketika (mungkin) pencari nafkah utama meninggal,  maka kamu dapat mempertimbangkan untuk menambah polis asuransi jiwa.

5. Diversfikasi investasi

Selain itu, pastikan portofolio kamu tetap terdiversifikasi di seluruh saham dan obligasi, serta gaya investasi yang berbeda dari berbagai sektor. Pastikan juga return positif jangka panjang pada portofolio Kamu.

“Pasar bersifat siklus. Jadi, kamu melakukan diversifikasi dengan harapan bahwa ketika satu pihak bekerja dengan buruk, yang lain melakukannya dengan baik," tegas Niang.

https://money.kompas.com/read/2023/03/20/124300626/5-cara-memperbaiki-keuangan-supaya-lebih-sehat

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke