Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Jokowi Izinkan Freeport dan Amman Ekspor Tembaga hingga Mei 2024

Hal itu diungkapkan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Arifin Tasrif setelah melakukan rapat terbatas dengan Jokowi di Istana Negara.

Freeport dan Amman mendapat izin ekspor meskipun larangan ekspor konsentrat tembaga mulai berlaku pada Juni 2023. Adapun larangan itu sesuai dengan Undang-Undang Nomor 3 tahun 2020 tentang Pertambangan Mineral dan Batu Bara (Minerba).

"Ya sampai Mei 2024 (bisa ekspor konsentrat tembaga), dengan catatan, ada hal-hal administratif yang sedang kami siapkan lewat Permen (peraturan menteri) nanti," ujar Arifin saat ditemui di Kementerian ESDM, Jakarta, Jumat (28/4/2023).

Ia menuturkan, ada beberapa hal yang menjadi pertimbangan pemerintah untuk memperpanjang izin ekspor konsentrat tembaga. Salah satunya, dampak pandemi Covid-19 yang membuat pembangunan smelter terhambat.

Arifin mengatakan pembangunan smelter oleh Freeport terhambat pandemi lantaran kontraktor yang berasal dari Jepang terdapak lockdown saat pandemi.

Selain itu, pemerintah mempertimbangkan produktivitas tenaga kerja yang akan terdampak jika operasional bisnis terhambat akibat pelarangan ekspor.

"Kan kalau disetop yang kena itu Freeport, kan kita juga yang punya 51 persen, baru asingnya 49 persen," kata dia.

Di sisi lain, pemerintah juga melihat bahwa pembangunan smelter Freeport yang sudah mencapai 61 persen per April 2023. Begitu pula dengan Amman perkembangan pembangunan smelternya yang kurang lebih sama dengan Freeport.

"Tembaga dapat kelonggaran karena ada pembangunan smelter dan sudah spending sekian banyak untuk investasi," ucap Arifin.

Kendati diberikan perpanjang izin ekspor, ia menegaskan, Freeport dan Amman tetap harus merampungkan pembangunan smelternya pada Mei 2024.

"Kalau belum selesai ya konsekuensinya itu, kami minta selesaikan dulu sampai selesai, baru boleh ekspor," pungkasnya.

https://money.kompas.com/read/2023/04/28/154500326/jokowi-izinkan-freeport-dan-amman-ekspor-tembaga-hingga-mei-2024

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke