Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Info Pelabuhan Poto Tano, Jadwal Kapal, dan Tiketnya

KOMPAS.com - Pelabuhan Poto Tano adalah akses utama transportasi laut dari arah Pulau Lombok yang akan menuju ke berbagai daerah di Pulau Sumbawa. Jalur ini juga dikenal dengan Kayangan Poto Tano (Pelabuhan Lombok ke Sumbawa).

Masyarakat yang akan menuju Sumbawa dari laut, harus melalui Pelabuhan Poto Tano yang kapalnya berangkat Pelabuhan Kayangan di Lombok. Jarak Pelabuhan Kayangan ke Poto Tano adalah 31 kilometer dengan waktu tempuh kapal sekitar 1,5 jam perjalanan.

Namun demikian, meski jarak Pelabuhan Kayangan ke Poto Tano relatif cukup dekat, terkadang perjalanan kapal memakan waktu hingga 2 jam lebih, terutam saat cuaca buruk seperti ombak tinggi.

Kapal dari Kayangan Lombok menuju Pelabuhan Poto Tano akan melintasi perairan yang disebut Selat Alas, yang merupakan pemisah antara Pulau Lombok dan Sumbawa.

Secara administratif, Pelabuhan Poto Tano masuk wilayah Kabupaten Sumbawa Barat, sementara Pelabuhan Kayangan di seberangnya, masuk dalam wilayah Pringbaya, Kabupaten Lombok Timur.

Tiket dan Jadwal Kapal Pelabuhan Poto Tano

Jadwal kapal rute Kayangan Poto Tano adalah kapal akan berangkat setiap 30 menit sekali. Namun jadwal tersebut bisa lebih lama apabila ada cuaca buruk atau kendala lainnya.

Berikut ini rincian harga tiket untuk kapal yang berangkat dari Pelabuhan Kayangan Lombok menuju ke Poto Tano pada tahun 2023 dikutip dari Tribunnews (Pelabuhan Lombok ke Sumbawa atau sebaliknya):

Harga tiket kapal Kayangan Poto Tano dan sebaliknya:

Keindahan Kayangan Poto Tano

Pelabuhan Poto Tano bisa dibilang merupakan salah satu pelabuhan dengan pemandangan terindah di Indonesia. Ini karena rute Kayangan Poto Tano akan melintasi lautan dengan panorama perbukitan.

Para penumpang kapal juga akan dimanjakan dengan pemandangan air hijau kebiruan, bahkan terkadnag akan tampak ikan-ikan dari atas dermaga.

Saat datang musim kemarau, bukit-bukit indah di sekitar Pelabuhan Poto Tano itu akan berubah warna menjadi kekuningan. Sebaliknya, bukit akan berwarna kehijauan kala datang musim hujan.

https://money.kompas.com/read/2023/06/09/111555426/info-pelabuhan-poto-tano-jadwal-kapal-dan-tiketnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke