Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Astra International Siapkan Rp 40 Triliun untuk Belanja Modal dan Investasi

Head of Corporate Investor Relations Astra International Tira Ardianti mengatakan, besaran capital expenditure (capex) yang dialokasikan perusahaan sebesar Rp 24-25 triliun.

Jumlah tersebut lebih rendah dari belanja modal 2022 sebesar Rp 27 triliun.

"Sebelum pandemi sebenarnya kamu membelanjakan di kisaran yang sama antara Rp 22-25 triliun," ujar dia dalam dalam Workshop Wartawan Pasar Modal 2023, Rabu (5/7/2023).

Tira mencatat, Astra International telah merealisasikan capital expenditure (capex) sebesar Rp 6,7 triliun sampai kuartal I-2023.

Nilai tersebut tumbuh dibandingkan periode yang sama tahun lalu sebesar Rp 4 triliun.

Adapun, sisa dana dari alokasi belanja modal tersebut akan digunakan untuk investasi. Dana akan diinvestasikan pada beberapa proyek yang sedang dalam proses pengkajian.

"Beberapa sudah diumumkan ke publik. Di antaranya diversifikasi United Tractors agar tidak tergantung dengan batu bara, salah satunya rencana pengembangan di sektor nikel," ujar dia.

Investasi yang "dilirik" Astra

Lebih lanjut, Tira menjabarkan, investasi tetap akan dilakukan pada bisnis yang sudah ada, seperti otomotif.

Selain itu, pihaknya juga akan menaruh investasi pada infrastruktur, misalnya dengan melihat potensi menambah aset jalan tol.

Di luar itu, pihaknya juga tertarik untuk berinvestasi ke sektor healthcare. Sebelumnya, Astra sendiri sudah investasi ke HaloDoc dan Hermina.

"Karena kami menilai healthcare adalah sektor yang menarik dan masih punya peluang untuk bertumbuh di Indonesia. Potensinya sangat baik, secara tingkat pendapatan terus meningkat, kemudian kesadaran terhadap kesehatan itu meningkat sementara supply masih terbatas," terang dia.

Namun begitu, Astra International juga tak menutup kemungkinan untuk berinvestasi di sektor lain yang punya peluang besar, misalnya barang konsumsi. 

Angka tersebut tumbuh 27 persen secara tahunan dibandingkan periode yang sama tahun lalu.

Lonjakan akan laba bersih itu selaras dengan pendapatan bersih perusahaan yang tumbuh menjadi Rp 82,98 triliun pada triwulan pertama 2023.

https://money.kompas.com/read/2023/07/05/190604326/astra-international-siapkan-rp-40-triliun-untuk-belanja-modal-dan-investasi

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke