Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Kemenko Marves: Kita Tidak Mau Masuk Jebakan Diskusi Politik Saat KTT AIS Forum

Kepala Biro Komunikasi Kemenko Bidang Kemaritiman dan Investasi Andreas Dipi Patria mengatakan, selama 5 tahun berjalannya forum tersebut tidak pernah menyinggung persoalan politik.

"Cara kita selama ini sudah berjalan empat, lima tahun terakhir adalah setiap pertemuan kita selalu confess (akui) ke mereka bahwasanya AIS Forum ini adalah satu forum seperti yang tadi saya jelasin berulang-ulang dan kita tidak mau masuk dalam jebakan diskusi politis," ucapnya dalam media briefing mengenai KTT AIS Forum, Jakarta, Kamis (20/7/2023).

Namun Andreas tidak memungkiri adanya potensi sejumlah negara lain yang akan mencoba menyuarakan hal politik dalam KTT AIS Forum. Indonesia kata dia, tidak bisa mencampuri cara pandang suatu negara terhadap negara lain.

Andreas mengatakan pemerintah Indonesia sudah menegaskan tidak ada pembahasan politik. Namun tidak menutup kemungkinan akan dibahas mengenai perubahan iklim hingga target emisi nol karbon.

"Kita enggak mungkin ngomong soal Ukraina," kata dia.

Indonesia memandang penting Forum AIS sebagai forum untuk membangun kemitraan strategi dengan negara, organisasi, dan pelaku pembangunan lain, baik di tingkat regional maupun global secara aktif.

https://money.kompas.com/read/2023/07/20/222040526/kemenko-marves-kita-tidak-mau-masuk-jebakan-diskusi-politik-saat-ktt-ais-forum

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke