Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Jelang Seleksi CASN, BKN Rilis Portal ASN Karier, Isinya Uraian Tugas hingga Besaran Gaji

Seleksi calon aparatur sipil negara (CASN) sendiri akan dibuka mulai 17 September 2023. Adapun pendaftaran seleksi hanya melalui portal SSACSN.

"Seleksi tahun ini akan sedikit berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya. Tahun ini, BKN menyediakan portal ASN Karier yang menampilkan informasi terkait uraian tugas, informasi jabatan, dan perkiraan pendapatan sehingga membantu pelamar untuk memilih formasi sesuai dengan keinginannya," kata Plt. Kepala BKN Haryomo Dwi Putranto dalam penyampaian Rekrutmen CASN dikutip dari YouTube #ASNPelayanpublik milik BKN, Senin (28/8/2023).

Hal ini, kata Haryomo, sebagai wujud transparansi kepada masyarakat serta upaya agar tidak terjadinya lagi peserta seleksi CASN yang mundur karena gaji yang tidak sesuai harapan.

"Portal ASN Karier sebagai upaya untuk mewujudkan transparansi informasi kepada publik. BKN selalu berkomitmen melakukan perbaikan sistem rekrutmen yang lebih profesional dan berintegritas," ujarnya.

Portal ini juga sebagai jawaban atas kekecewaan CASN pada seleksi PPPK 2022 silam, yang mana banyak yang mengundurkan diri lantaran kecewa atas minimnya info soal pekerjaannya.

Berdasarkan data BKN, selama pelaksanaan seleksi PPPK tahun 2022, terdapat sebanyak 1.921 peserta seleksi mengundurkan diri dengan sejumlah alasan.

Tak hanya ketidaksesuaian pekerjaan dan penghasilan, lokasi penempatan juga menajdi alasan pengunduran diri.

Sehingga, pelamar CPNS dan PPPK tahun ini diimbau untuk benar-benar mempertimbangkan aspek jabatan, lokasi, hingga penghasilan dari posisi yang akan dilamar. 

Tahun ini, total formasi yang ditetapkan sebanyak 572.299. Terdiri atas pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja (PPPK) 543.396 dan calon pegawai negeri sipil (CPNS) 28.903.

Sebanyak 596 instansi, 72 kementerian/lembaga, 33 pemerintah provinsi, dan 491 pemerintah kota dan kabupaten akan berpartisipasi dalam pembukaan seleksi CASN.

https://money.kompas.com/read/2023/08/28/200000526/jelang-seleksi-casn-bkn-rilis-portal-asn-karier-isinya-uraian-tugas-hingga

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke