Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

KCIC Bidik Bos-bos untuk Naik Kereta Cepat "First Class" yang Tarifnya Bisa sampai Rp 600.000

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Kereta Cepat Indonesia China (KCIC) merespons isu tarif Kereta Cepat Jakarta-Bandung atau Kereta Cepat Whoosh yang disebut-sebut mencapai Rp 600.000 untuk first class.

Direktur Utama KCIC Dwiyana Slamet Riyadi sendiri tidak membantah isu tarif tersebut. Menurutnya, tarif sebesar Rp 600.000 itu bisa saja diterapkan karena memang menargetkan segmen kelas atas seperti bos-bos besar.

"Tarif itu persepsi sih. Kalau Rp 600.000 first class ya kan kita nyasarnya juga bos-bos. Bos-bos memang mikir akses? Mikir waktu," ujarnya saat ditemui di Stasiun Halim, Jakarta, Selasa (17/10/2023).

Menurutnya manfaat penghematan waktu dari penggunaan Kereta Cepat Whoosh sudah diakui. Seperti diketahui, dengan kereta cepat penumpang dari dari Jakarta menuju Bandung hanya membutuhkan waktu 45 menit.

Dwiyana bilang, dirinya menerima testimoni oleh salah satu penumpang yang mengaku sudah beberapa kali menaiki kereta cepat dan merasakan perbedaan waktu perjalanan dibandingkan moda transportasi darat lainnya.

"Ini kan sebagian ngomong ke saya ya. 'Pak, saya udah nyoba 3-4 kali kereta cepat nih. Kemarin naik mobil 3,5 jam. Jet lag katanya'. Itu namanya membuat mereka tergantung sama kita, yang semula kebutuhan jadi bergeser keinginan," ungkap dia.

Saat ini KCIC sendiri baru menerapkan tarif kereta cepat untuk kelas economy premium sebesar Rp 150.000 ke semua rute hingga akhir November 2023. Setelahnya, penetapan tarif akan kembali dievaluasi.

Dwiyana mengungkapkan, KCIC berencana menerapkan tarif kereta cepat dinamis setelah promo berakhir. Lantaran, Kereta Cepat Whoosh memang merupakan kereta komersial.

Menurutnya penerapan tarif dinamis ini umum dilakukan pada moda transportasi kereta PT KAI (Persero) yang memang komersil, serta moda transportasi udara. Di mana, ketika peak season maka harganya bisa naik.

"Tarif itu, kan kita bisa pakai dynamic pricing. Kayak pesawat, kapan naik, kapan turun tergantung strategi perusahaan kan. Waktu offpeak, kita turunin. Waktu holiday season atau weekend, kita naikin. Biasa kan itu sebenarnya," papar dia.

https://money.kompas.com/read/2023/10/17/221000526/kcic-bidik-bos-bos-untuk-naik-kereta-cepat-first-class-yang-tarifnya-bisa

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke