Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Cara Menolak Tawaran Kerja yang Sudah Diambil

JAKARTA, KOMPAS.com - Ketika kamu harus menolak tawaran kerja yang sudah sempat kamu ambil, maka sangat penting untuk bertindak cepat dan profesional.

Segera hubungi pihak perekrut dan pastikan kamu memiliki alasan yang kuat karena hal ini dapat memengaruhi hubungan kamu dengan perusahaan di masa depan.

Ada beberapa alasan umum mengapa seseorang mungkin menolak tawaran kerja. Di antaranya adalah karena mendapatkan tawaran yang lebih sesuai di perusahaan lain, perubahan tiba-tiba dalam kehidupan personal seperti pindah rumah atau keadaan darurat keluarga lainnya atau merasa bahwa pekerjaan yang diambil atau perusahaan yang menawarkan ternyata tidak sejalan dengan nilai atau visi pribadi kamu.

Namun sebelum kamu menolak tawaran kerja tersebut, ada beberapa hal yang harus kamu perhatikan.

Mengutip dari halaman resmi JobStreet, Jumat (20/10/2023), berikut adalah hal-hal yang harus kamu perhatikan sebelum menolak tawaran kerja yang sudah kamu ambil.

1. Tinjau kembali keputusan

Menolak tawaran kerja yang sudah diambil adalah keputusan yang besar, jadi pastikan kamu sudah mempertimbangkan kembali alasan kenapa kamu ingin menolak tawaran tersebut.

Jika kamu ragu dengan pilihanmu, kamu bisa berdiskusi dengan orang-orang terdekat seperti keluarga atau rekan.

2. Baca kembali surat penawaran

Baca dan tinjau kembali surat penawaran yang sudah kamu terima. Perhatikan setiap ketentuan yang tercantum di sana, khususnya mengenai pembatalan atau penolakan penawaran.

Pastikan kamu sudah memahami konsekuensi yang mungkin timbul dari penolakan tersebut.

3. Berikan pemberitahuan dengan segera

Segera berikan pemberitahuan kepada pihak perusahaan bahwa kamu tidak bisa menerima posisi yang ditawarkan. Menunda atau menunggu hingga saat terakhir akan memberikan kesan yang tidak baik dan malah merugikan perusahaan karena mereka butuh waktu untuk mencari kandidat lain.

4. Siapkan alasan yang kuat

Jangan menolak tawaran kerja yang diambil tanpa alasan yang kuat. Fokus pada alasan profesional dan hindari memberikan detail alasan yang terlalu pribadi atau malah negatif.

Beberapa alasan profesional yaitu sudah menerima penawaran yang lebih selaras dengan karier atau mengalami masalah kesehatan secara tiba-tiba.

5. Ungkapkan permintaan maaf dan apresiasi

Ungkapan permintaan maaf secara profesional setelah menyampaikan alasan penolakan. Pastikan untuk tidak berlebihan saat meminta maaf karena dapat mengurangi kejelasan poin yang ingin kamu sampaikan.

Kamu juga bisa memberikan apresiasi kepada pihak perusahaan dengan memberikan kata-kata harapan atau ucapan semoga beruntung seperti: “Semoga [Nama Perusahaan] dapat terus berkembang” atau “Saya berharap yang terbaik untuk [Nama Perusahaan] ke depannya”.

Template penolakan tawaran kerja yang sudah diambil

Subjek: Pembatalan Tawaran Kerja – [Nama Kamu]

Yth. [Nama dan Jabatan Perekrut]

Saya ingin menghubungi Bapak/Ibu terkait tawaran kerja untuk posisi [Nama Jabatan] di [Nama Perusahaan] yang sudah saya terima sebelumnya. Saya sangat menghargai waktu dan kesempatan yang sudah diberikan kepada saya untuk bergabung dengan tim [Nama Perusahaan].

Namun, setelah mempertimbangkan aspirasi profesional saya secara matang, dengan menyesal saya harus menyampaikan bahwa saya tidak dapat menerima posisi tersebut karena saya sudah mendapatkan kesempatan yang saya rasa lebih sesuai dengan visi dan tujuan karier saya saat ini.

Mohon maaf atas ketidaknyamanan ini. Jika dibutuhkan, saya bersedia untuk membantu dalam proses transisi agar berjalan dengan baik.

Terima kasih atas pengertian dan dukungan Bapak/Ibu. Semoga [Nama Perusahaan] dapat terus berkembang dan mencapai kesuksesan.

Hormat saya,

[Nama Kamu]

https://money.kompas.com/read/2023/10/20/073000826/cara-menolak-tawaran-kerja-yang-sudah-diambil

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke