Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Membangun Dana Darurat dengan Tabungan, Begini Caranya

JAKARTA, KOMPAS.com - Para ahli keuangan merekomendasikan pekerja untuk menyisihkan pendapatan sekurang-kurangnya setara pengeluaran tiga sampai enam bulan untuk menutupi pengeluaran dalam keadaan darurat.

Dana darurat dapat dipisahkan dari rekening deposito atau rekening tabungan milik pekerja.

Mengumpulkan dana darurat dapat dimulai dengan menghitung seberapa banyak pengeluaran tiap bulannya. Kemudian, kalikan jumlah tersebut dengan besaran dana darurat yang ingin dikumpulkan.

Dana darurat adalah bentuk tangung jawab finansial. Pekerja harus memastikan memiliki cukup uang untuk mendanai pengeluaran yang tidak direncanakan dan tujuan keuangan di masa depan.

Dana darurat dapat dibangun melalui tabungan yang dialokasikan setiap bulannya. Namun, pekerja kerap mengajukan pertanyaan, berapa banyak tabungan yang harus dicapai tiap bulannya.

Para ahli menyarankan pekerja untuk menyisihkan 20 persen dari penghasilannya untuk ditabung. Secara umum, aturan tersebut dikenal sebagai aturan 50/30/20.

Panduan tersebut dapat membantu merampingkan anggaran.

Untuk memaksimalkan tabungan, berikut ini adalah beberapa tips yang dapat digunakan untuk pekerja dikutip dari GoBankingRates, Selasa (24/10/2023).

Memasukkan uang ke tabungan seringkali menjadi hal yang sulit. Untuk menghindakan uang tabungan dibelajakan, pekerja dapat memotongnya secara otomatis dari rekening yang dimiliki.

2. Buat anggaran

Anggaran dapat membantu mengurangi pengeluaran. Dengan anggaran, pekerja dapat mengetahui ke mana uang tersebut harus dibelanjakan.

3. Buatlah strategi pembayaran utang

Utang dapat menghambat pekerja untuk menabung. Untuk itu, buatlah strategi membayar agar utang dapat cepat lunas dan pekerja tetap dapat menabung.

4. Cari pekerjaan sampingan

Seseorang dapat mempertimbangkan pekerjaan sampingan untuk menambah tabungannya. Hasil dari pekerjaan sampingan baiknya langsung dikonversi seluruhnya menjadi tabungan.

5. Batalkan langganan yang tidak digunakan

Batasi langganan streaming platform yang dibayar untuk mengoptimalisasi tabungan. Pilihlah platform yang paling sering digunakan dan memiliki banyak manfaat. Pembatalan langganan tersebut dapat menambah porsi tabungan.

Demikian tips yang dapat digunakan untuk memaksimalkan tabungan dalam membangun dana darurat.

https://money.kompas.com/read/2023/10/24/114600926/membangun-dana-darurat-dengan-tabungan-begini-caranya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke