Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Menteri KKP Ungkap Penyebab Produktivitas Budidaya Udang Rendah

Dia menjelaskan, budidaya udang yang baik itu bisa menghasilkan produktivitas yang mencapai 40 ton per hektar. 

Sementara Indonesia yang memiliki kapasitas 247 hektar lahan garapan, per hektar hasil produktivitasnya hanya mencapai  0,6 ton.

“Artinya produktivitas kita 1 ton per hektar pun tidak tercapai. Karena apa? Karena caranya terlalu tradisonal,” ujarnya dalam Pertemuan Nasional Pembangunan Perikanan Budi Daya Berbasis Ekonomi Biru di Jakarta, Senin (18/12/2023). 

Menteri Trenggono menjelaskan, pembudidaya udang di Indonesia seringkali membuang sisa-sisa kotoran udang dari proses pembersihan ke laut.

Padahal kata dia, air laut itu diambil lagi untuk digunakan kembali tanpa disaring. Alhasil, lantaran sisa-sisa kotoran itu mengandung bakteri, berpengaruh pada kualitas hasil panen udangnya.

Hal ini jugalah kata dia yang menjadi salah satu penyebab negara tujuan ekspor udang Indonesia masih hanya AS, Belanda, dan China. Dia bilang negara-negara lain memiliki persyaratan impor udang yang sangat ketat. 

“Enggak bisa ke negara lain itu, kenapa? Karena kualitasnya tidak standar. Eropa itu hampir sama sekali tidak ada (ekspor) karena kadar air udang kita tinggi,” pungkasnya. 

https://money.kompas.com/read/2023/12/18/200500426/menteri-kkp-ungkap-penyebab-produktivitas-budidaya-udang-rendah

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke