Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

"Food Estate" Jadi Sorotan, TKN Prabowo-Gibran: Mau Tanam di Mana Lagi?

Menanggapi anggapan tersebut, Dewan Pakar Tim Pemenangan (TPN) Pasangan Prabowo-Gibran, Dradjad Wibowo menilai, food estate merupakan opsi terbaik dari pilihan terburuk lainnya. Proyek yang dilaksanakan di Sumatera, Kalimantan, dan Papua itu disebut perlu untuk memenuhi kebutuhan pangan dalam negeri.

Kebutuhan pangan dalam negeri disebut terus meningkat. Di sisi lain, lahan potensial yang bisa dijadikan lumbung pangan di Jawa kian menyusut.

"KIta mau nanam di mana lagi? Terus apa kita enggak harus nanam," ujar dia dalam acara diskusi yang digelar oleh Greenpeace Indonesia, di Jakarta, Selasa (19/12/2023).

Menurutnya, dengan semakin minimnya lahan pertanian di Jawa, memang terdapat opsi lain untuk memenuhi kebutuhan konsumsi masyarakat, yakni melalui konsep city farming, yakni kegiatan budidaya tanaman di dalam wilayah kota besar atau kota kecil.

"Tapi seberapa besar potensi city farming?," katanya.

"Food estate mungkin bukan solusi ideal, mungkin bukan yang terbaik, tapi yang terbaik dari pilihan terburuk lainnya," tutur dia.

Lebih lanjut ia bilang, apabila dalam pelaksanaan food estate terdapat fenomena gagal panen, hal itu tidak terlepas dari kurang suburnya lahan. Sehingga memang perlu dilakukan penanaman secara berulang.

"Mungkin perlu beberapa kali musim tanam," ucap dia.

Sebagai informasi, Greenpeace Indonesia menjadi salah satu pihak yang kerap mengkritik food estate. Proyek tersebut dinilai sebagai kegagalan dari Presiden Joko Widodo (Jokowi) bersama para menteri terkait, sebab alih-alih menciptakan kemandirian pangan, sejauh ini food estate dinilai hanya menyebabkan krisis lingkungan.

"Kebijakan ini harus dikoreksi oleh pemerintahan mendatang. Para capres-cawapres yang berlaga di Pilpres 2024 tak boleh memalingkan muka dari situasi ini. Food estate sudah gagal dan harus dihentikan," ujar Ketua Tim Kampanye Hutan Greenpeace Indonesia, Arie Rompas, dilansir dari laman resmi Greenpeace Indonesia.

https://money.kompas.com/read/2023/12/19/144605426/food-estate-jadi-sorotan-tkn-prabowo-gibran-mau-tanam-di-mana-lagi

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke