Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Program "River Clean Up" Bersihkan 139 Kg Sampah dari Sekitar Sungai Ciliwung

Kompas.com - 23/06/2024, 17:23 WIB
Aprillia Ika

Editor

JAKARTA, KOMPAS.com - Program "River Clean Up" berupaya membersihkan pinggir sungai dan sungai Ciliwung dalam radius 5 kilometer (km). Dalam program ini, sebanyak 139 kilogram (kg) sampah berhasil dikumpulkan pada awal Juni 2024 lalu.

Program "River Clean Up" merupakan aksi bersih-bersih dan konservasi sungai Ciliwung, untuk memperingati Hari Lingkungan Hidup 2024. Program ini merupakan kerja sama antara Sub Holding PT PLN Energi Primer Indonesia (PLN EPI), Balai Besar Wilayah Sungai Ciliwung Cisadane (BBWSCC), Dinas Lingkungan Hidup Kota Depok serta Yayasan Sahabat Ciliwung.

Mamit Setiawan, Sekretaris Perusahaan PLN Energi Primer Indonesia mengatakan, aksi ini merupakan bagian dari Program Green Employee Involvement PLN Grup yang serentak dilakukan pada 3-5 Maret 2024 di seluruh Indonesia. Untuk PLN EPI sendiri kegiatan ini dilaksanakan oleh 50 pegawai.

Baca juga: “Bebenah” Ciliwung Kumpulkan 1.214 Kg Sampah

“Green Employee Involvement merupakan wadah yang bertujuan untuk meningkatkan kesadaran dan keterlibatan pegawai PLN dengan menjadi relawan aktif dalam berbagai program sosial dan lingkungan perusahaan," kata Mamit melalui keterangan pers, Minggu (23/6/2024).

"Diharapkan pegawai dapat memberikan pengaruh positif bagi masyarakat agar lebih memperhatikan lingkungan," lanjutnya.

Selain program pembersihan sampah, kegiatan ini juga diisi dengan menanam pohon serta menyebarkan 1.000 benih ikan tawes ke sungai Ciliwung. Ikan tawes sendiri selain bisa dikonsumsi juga menjadi indikator kesehatan sungai.

Kegiatan diawali dengan susur Sungai Ciliwung dari Beji Depok sampai ke daerah Jagakarsa Jakarta Selatan. Kemudian, sebanyak 100 pohon buah ditanam di sepanjang sungai Ciliwung.

Pohon yang ditanam terdiri dari mangga, rambutan, jeruk, jambu biji, jambu air, dan kecapi dengan rata-rata tinggi 1,5-3 meter yang bertujuan untuk mencegah abrasi Daerah Aliran Sungai (DAS) Ciliwung.

Baca juga: Gelar CSR di Padepokan Ciliwung Condet, BRINS Dukung Pemberdayaan Budaya dan Lingkungan

Dukungan masyarakat

Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan Kota Depok diwakili oleh Sekdis, H. Ridwan menjelaskan kontribusi masyarakat sangat penting dalam menjaga Sungai Ciliwung karena lingkungan yang bersih harus didukung oleh masyarakat yang peduli lingkungan.

"Semoga dengan adanya kegiatan ini, masyarakat turut serta dalam menjaga lingkungan karena sebesar apapun anggaran yang disediakan Pemerintah, tanpa adanya kontribusi dari masyarakat akan terasa sulit," katanya.

Senada, Kepala Balai Besar Wilayah Sungai Ciliwung Cisadane diwakili oleh PPK OPSDA 2 Ciliwung Cisadane, Nurul Hamid mengungkapkan, kegiatan yang dilakukan PLN EPI bertepatan dengan Hari Lingkungan Hidup Sedunia ini memberikan dampak langsung kepada masyarakat sekitar sungai Ciliwung yang menjadi simbol peradaban umat manusia khususnya di DKI Jakarta dan sekitarnya.

Saya berharap dengan adanya kegiatan ini dapat mewujudkan sungai Ciliwung yang bersih, sehat, indah, hijau, dan asri sehingga nantinya dapat memberikan manfaat kepada masyarakat”, tutup Hamid.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com