Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
RPP KESEHATAN

Konsisten Kembangkan UMKM, Sampoerna Gelar Pesta Rakyat untuk UMKM Indonesia

Kompas.com - 27/06/2024, 12:25 WIB
Yakob Arfin Tyas Sasongko,
Agung Dwi E

Tim Redaksi

KOMPAS.com – Sebagai perusahaan terkemuka Indonesia yang beranjak dari sebuah usaha mikro di Kota Surabaya 111 tahun lalu, PT HM Sampoerna Tbk (Sampoerna) konsisten dalam membantu mengembangkan sektor usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) di Tanah Air. 

Presiden Direktur Sampoerna Ivan Cahyadi mengatakan, Sampoerna awalnya dimulai dari sebuah warung di Kota Surabaya pada 1913. 

Seiring waktu berjalan, lanjut Ivan, Sampoerna senantiasa mewujudkan komitmen untuk menjaga keberlangsungan bisnis dan berperan aktif dalam peningkatan ekonomi Indonesia. 

“Khususnya, untuk sektor UMKM yang merupakan tulang punggung perekonomian Indonesia. Hingga saat ini, Sampoerna telah membina lebih dari 320.000 pelaku UMKM di Tanah Air,” ujar Ivan dalam rilis pers yang diterima Kompas.com, Kamis (27/6/2024). 

Sebagai inisiatif untuk mewujudkan komitmen dalam pengembangan sektor UMKM, Sampoerna bakal menggelar Pesta Rakyat UMKM untuk Indonesia di Assembly Hall, Jakarta Convention Center (JCC), Jakarta, Senin (22/7/2024). 

Baca juga: Berawal dari Kepepet hingga Menang Kompetisi di Paris, Ini Kisah Sukses Ismiyati dan Usaha Roti Bekatulnya

Mengusung tema bertajuk “Konsisten Mendukung UMKM, Memperkuat Pengembangan SDM dan Ekonomi Kerakyatan, bagi Indonesia Maju!”, acara tersebut digelar untuk merayakan perjalanan Sampoerna tumbuh bersama para pemangku kepentingan, terutama pelaku UMKM.

Kegiatan Pesta Rakyat UMKM untuk Indonesia melibatkan lebih dari 1.000 pelaku UMKM binaan Sampoerna melalui program Sampoerna Retail Community (SRC) dan Sampoerna Enterpreneurship Training Center (SETC). 

“Mereka merupakan figur-figur inspiratif yang berhasil mengembangkan usahanya alias 'naik kelas', seperti pemilik toko kelontong SRC yang berhasil mengembangkan usahanya dan turut membuka lapangan kerja di sekitarnya, serta beberapa pemilik usaha UMKM yang berhasil 'pecah telor' mengekspor produk ke mancanegara,” jelas Ivan.

Kolaborasi dan sinergi

Menyadari pentingnya kerja sama berbagai pihak dalam memajukan sektor UMKM, Pesta Rakyat UMKM untuk Indonesia diselenggarakan atas kolaborasi Sampoerna bersama Kamar Dagang dan Indonesia (Kadin) dengan mengundang perwakilan pemerintah serta berbagai pemangku kepentingan. 

Salah satu mitra yang juga digandeng adalah Japanese External Trade Organization (JETRO) yang selama ini bersama Kadin dan Sampoerna telah berkolaborasi membuka akses pasar UMKM ke Negeri Sakura. 

Baca juga: Presdir Baru Sampoerna Ivan Cahyadi: Keberagaman di Sampoerna Itu Mutlak, karenanya Perusahaan Bisa Bertahan 111 Tahun

Rangkaian acara Pesta Rakyat UMKM untuk Indonesia dikemas apik agar dapat bermanfaat bagi pelaku UMKM. Mereka akan dapat mengikuti diskusi dan workshop akan diisi oleh narasumber ahli dari berbagai bidang. 

Sejumlah topik menarik bakal dibahas, antara lain digitalisasi, kebijakan pemerintah pada sektor UMKM, pembiayaan dari sektor perbankan, dan berbagai topik yang relevan untuk mendukung UMKM naik kelas. 

Ivan menjelaskan, kolaborasi dan sinergi antara pemerintah, universitas, swasta, lembaga keuangan, asosiasi, serta pemangku kepentingan lain dengan mengikuti multi-helix model secara inklusif merupakan kunci agar UMKM dapat berkembang dengan lebih cepat dan terarah. 

Sebagai bentuk dukungan dan komitmen Sampoerna terhadap program pemerintah, khususnya dalam mencapai transformasi UMKM di Indonesia agar memiliki daya tahan dan daya saing yang kompetitif, Sampoerna mengadakan Pesta Rakyat UMKM untuk Indonesia. 

“Hal itu sejalan dengan semangat yang berusaha dilanggengkan Sampoerna berupa kolaborasi strategis dengan berbagai pemangku kepentingan melalui SRC dan SETC,” kata Ivan.

Baca juga: Dari Hulu ke Hilir, Begini Upaya HM Sampoerna Kembangkan SDM di Indonesia

Halaman:

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com