Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ini Upaya PetroChina Jabung Amankan Pasokan Gas Dalam Negeri

Kompas.com - 23/06/2024, 16:51 WIB
Aprillia Ika

Editor

JAKARTA, KOMPAS.com - Kontraktor Kontrak Kerja Sama (KKKS) PT PetroChina International Jabung Ltd (PCJL) terus berupaya mengamankan pasokan gas domestik, terutama untuk kebutuhan industri serta jaringan gas rumah tangga (jargas).

Untuk itu, ini upaya yang dilakukan oleh PetroChina. Salah satunya yakni dengan meneken tiga Penandatangan Jual Beli Gas (PJBG) dari PSC Blok Jabung pada Jumat (21/6/2024).

Kerja sama tersebut diteken dalam kegiatan Forum Gas Bumi 2024 bertemakan “Membangun Sinergi Infrastruktur dan Pasar Gas Bumi Dalam Rangka Optimalisasi Penyerapan Gas Bumi Nasional” diselenggarakan di Bandung pada 19-21 Juni 2024.

Vice President Business Support PetroChina International Jabung Ltd. Gusminar mengatakan, penandatanganan PJBG dari Blok Jabung ini merupakan bentuk kepercayaan Pemerintah kepada PetroChina International Jabung.

"Hal ini juga merupakan komitmen nyata perusahaan untuk menjaga dan mewujudkan ketahanan energi nasional," kata Gusminar melalui keterangannya, Minggu (23/6/2024).

Baca juga: Forum Gas Bumi 2024 Hasilkan Kesepakatan Rp 94,4 Triliun

Ketiga kerja sama yang diteken yakni sebagai berikut. Pertama, kerja sama PetroChina International Jabung Ltd. dan PT Pertamina Hulu Rokan. Total Jumlah Kontrak (TJK) 69.750 TBTU Kontrak berlaku efektif sejak 8 Maret 2023 hingga 31 Desember 2026.

Kedua, kerja sama PetroChina International Jabung Ltd. dan PT Gemilang Jabung Energi. Total Jumlah Kontrak (TJK) 20.832 TBTU Kontrak berlaku efektif sejak 27 Februari 2023 hingga 31 Desember 2026.

Ketiga, kerja sama PetroChina International Jabung Ltd. dan PT Perusahaan Gas Negara Tbk. Total Jumlah Kontrak (TJK) 1.475,6 MMSCF. Kontrak berlaku efektif sejak 16 Desember 2022 hingga 26 Februari 2043.

Baca juga: Pemanfaatan Gas Domestik Hanya Naik 10 Persen dalam 10 Tahun Terakhir

Selain itu, sebelumnya PetroChina International Jabung dan PGN pada 25 November 2022 lalu menandatangani nota kesepahaman (memorandum of understanding/MoU) untuk jual beli gas dari PSC Blok Jabung. Pasokan gas dari PetroChina Jabung akan dimanfaatkan PGN untuk memenuhi kebutuhan gas di Batam yang terus bertumbuh.

Pasokan gas dari PetroChina International Jabung ke PGN tersebut merupakan salah satu upaya memenuhi kebutuhan gas domestik, sekaligus bagian dari upaya PetroChina turut menciptakan ekosistem perekonomian yang baik dengan menyediakan pasokan gas yang terjaga dan harga yang kompetitif.

Kemudian, ada kerja sama pasokan gas ke PT Pertamina Hulu Rokan (PHR), yang mana MoU telah ditandatangani pada 17 Juni 2021 untuk operasi steam flood di Blok Rokan yang terletak di Provinsi Riau.

Baca juga: Manfaatnya Besar, Pertagas Dukung Integrasi Pipa Transmisi Gas Bumi Sumatera-Jawa

Apresiasi SKK Migas

Wakil kepala SKK Migas, Shinta Damayanti mengapresiasi kolaborasi dan kerja sama dari seluruh peserta dalam Forum Gas Bumi 2024. Shinta juga menyampaikan komitmen SKK Migas dalam mengoptimalkan produksi gas bumi untuk pemenuhan kebutuhan dalam negeri dalam rangka meningkatkan multiplier effect dan perekonomian nasional.

“Komitmen ini perlu diimbangi dengan kepastian komersialisasi potensi gas, sehingga target produksi gas 12 BSCFD (miliar standar kaki kubik per hari) dapat tercapai,” ujarnya.

Dia berharap, KKKS dan pembeli gas bumi dapat mendukung dan memiliki pandangan yang sama atas strategi komersialisasi ini. “Karena pasar hanya akan terbentuk ketika pasokan dan kebutuhan memiliki kesepahaman dan kepakatan,” ungkap Shinta.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com