Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pemkab Lebak Berhasil Turunkan Inflasi dari 4 Persen Per Januari Jadi 2 Persen Pada Mei 2024

Kompas.com - 23/06/2024, 14:37 WIB
Aprillia Ika

Editor

SERANG, KOMPAS.com - Pemerintah Kabupaten Lebak, Provinsi Banten, berhasil menurunkan Inflasi menjadi 2,10 persen pada Mei 2024. Jumlah tersebut menurun drastis dari inflasi 4,14 persen di bulan Januari 2024 lalu.

Pj Bupati Lebak Iwan Kurniawan merincikan, saat ia pertama kali menjabat angka inflasi sekitar 4,14 persen di bulan Januari, kemudian menurun di bulan Februari sekitar 3,76 persen dan 3,2 persen di bulan Maret, dan terakhir penurunan kembali terjadi di bulan Mei 2024, menjadi hanya 2,10 persen.

Menurut Iwan, langkah-langkahnya menurunkan inflasi sesuai dengan arahan dari Menteri Dalam Negeri. Arahan tersebut menekankan agar semua Pj Bupati membuat inovasi dan terobosan di wilayah tugasnya.

"Selain itu, kerjasama yang baik dari segenap Organisasi Perangkat Daerah (OPD) membuat dan mendukung program-program yang berdampak positif menurunkan inflasi di Lebak, seperti pasar murah dan Gebyar Klasik (Kolaborasi Lebak Atasi Stunting Inflasi dan Kemiskinan Ekstrem," kata Iwan melalui keterangan pers, Minggu (23/6/2024).

Baca juga: Jelang Pemilu, Inflasi Inggris Berhasil Turun ke Target 2 Persen

Pemkab Lebak menerima penghargaan ?Pengendalian Laju Inflasi Terbaik pada acara Malam Apresiasi 24 Tahun Radar Banten.DOK. PEMKAB LEBAK Pemkab Lebak menerima penghargaan ?Pengendalian Laju Inflasi Terbaik pada acara Malam Apresiasi 24 Tahun Radar Banten.

Atas keberhasilan Iwan menurunkan inflasi, Pemkab Lebak menerima penghargaan “Pengendalian Laju Inflasi Terbaik" pada acara "Malam Apresiasi 24 Tahun Radar Banten".

Pada penyerahan penghargaan itu, Pemkab Lebak diwakili oleh Sekda Lebak, Budi Santoso. Penghargaan diserahkan langsung Direktur Utama Radar Banten Mashudi di Radar Banten Ballroom, Kota Serang, pada Jumat malam, 21 Juni 2024 lalu.

Selain Pemkab Lebak, pemerintahan daerah lainnya se-Provinsi Banten juga menerima penghargaan dengan kategori yang berbeda-beda.

Sebagai informasi, acara "Malam Apresiasi 24 Tahun Radar Banten" merupakan puncak perayaan ulang tahun Radar Banten, koran harian pertama di Banten yang terbit pada 2 Juni 2000.

Baca juga: Pemerintah dan DPR Sepakati Target Pertumbuhan Ekonomi hingga Inflasi Tahun Pertama Prabowo-Gibran

Acara tersebut dihadiri oleh Pj Gubernur Banten Al Muktabar, Plh Kepala Kejaksaan Tinggi Banten Yuni Daru Winarsih, Ketua DPRD Banten Andra Soni, Bupati Serang Ratu Tatu Chasanah, Walikota Cilegon Helldy Agustian, Bupati Pandeglang Irna Narulita, Pj Walikota Serang Yedi Rahmat; Kabid Humas Polda Banten, Kombes Pol Didik Hariyanto, dan ketua DPRD kabupaten dan kota di Banten, tokoh masyarakat, badan usaha, dan lainnya.

"Terimakasih untuk apresiasi yang diberikan Radar Banten Group. Ini akan semakin menjadi motivasi bagi Pemerintahan Kabupaten Lebak untuk terus melakukan yang terbaik." pungkas Iwan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com