Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Gaji UMR Palembang 2024 dan Seluruh Daerah di Sumsel

KOMPAS.com - Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan telah resmi menetapkan UMR Palembang 2024 yang diputuskan sebesar Rp 3.677.591 atau naik dari upah minimum pada 2023 sebesar Rp 3.565.409 atau naik 3,86 persen.

Putusan gaji UMR Palembang itu sudah disepakati bersama oleh Dewan Pengupahan Kota Palembang, yang terdiri dari Dinas Tenaga Kerja Palembang, pengusaha, serikat buruh, dan akademisi.

Nilai UMR Kota Palembang ini tak berselisih jauh dari Upah Minimum Provinsi (UMP) Sumatera Selatan yang ditetapkan sebesar Rp 3.456.874.

Sebagai pembanding, gaji UMR Palembang 2024 ini juga tak jauh berbeda dengan upah minimum daerah tetangganya. Misalnya saja Musi Banyuasin menetapkan upah minimum Rp 3.502.873 dan Banyuasin 2024 sebesar Rp 3.488.288.

Berikut rincian lengkap upah minimum kabupaten/kota di seluruh Provinsi Sumatera Selatan:

Dari data di atas, UMR Kota Palembang atau UMK Palembang adalah yang tertinggi di Sumatera Selatan. Banyak kabupaten/kota yang tidak menetapkan upah minimum sehingga otomatis mengikuti UMP.

Sebagai informasi, UMR atau upah minimum regional merupakan penyebutan upah minimum di suatu provinsi dan kabupaten. Namun saat ini, istilah UMR sudah digantikan dengan UMP (upah minimum provinsi) dan UMK (upah minimum kabupaten kota).

Keputusan UMR Palembang 2024

Penetapan UMK Palembang 2024, sudah memperhatikan inflasi provinsi, pertumbuhan ekonomi kabupaten/kota, serta nilai alfa. Penentuan nilai alfa mempertimbangkan tingkat penyerapan tenaga kerja dan rata-rata atau median upah.

Gaji UMK Palembang ini hanya berlaku bagi pekerja dengan masa kerja kurang dari satu tahun. Pemerintah menetapkan UMK, untuk melindungi pekerja dengan masa kerja kurang dari satu tahun, agar tidak dibayar di bawah upah yang telah ditetapkan. Perusahaan yang melanggar, bisa dikenai sanksi.

Kebijakan upah minimum untuk pekerja dengan masa kerja di atas 1 tahun atau lebih, diberlakukan kebijakan Pengupahan Berbasis Produktivitas atau Kinerja dengan menggunakan instrumen Struktur Skala Upah (SUSU).

Jika perusahaan atau pemberi kerja melanggar ketentuan penetapan gaji UMR Palembang, maka perusahaan bakal dikenai sanksi sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan.

Untuk diketahui saja, penetapan gaji UMR Kota Palembang 2024 yang terbaru ini merupakan keputusan bersama dalam tripartit antara seluruh Pemkot Palembang, Pemprov Sumatera Selatan, pengusaha, dan perwakilan serikat buruh.

Usulan daftar UMR Palembang terbaru itu kemudian dibahas oleh Dewan Pengupahan, sebelum kemudian diusulkan Wali Kota Palembang dan kemudian disahkan oleh Gubernur Sumatera Selatan.

UMR Palembang
UMK Palembang
UMR Palembang 2024
UMR Kota Palembang
gaji UMR Palembang

https://money.kompas.com/read/2024/01/16/170711526/gaji-umr-palembang-2024-dan-seluruh-daerah-di-sumsel

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke