Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Otorita IKN Mau Uji Coba Kereta Tanpa Rel dan Taksi Terbang pada Juli 2024

JAKARTA, KOMPAS.com - Otorita Ibu Kota Nusantara (IKN) bakal melakukan uji coba transportasi cerdas pada Juli 2024.

Di antaranya meliputi kendaraan otonom, autonomous rail transit atau kereta tanpa rel, dan advanced air mobility atau taksi terbang.

Deputi Bidang Transformasi Hijau dan Digital Otorita IKN Mohammed Ali Berawi mengatakan, IKN dirancang sebagai ibu kota yang menerapkan konsep kota cerdas, berlandaskan prinsip hijau dan berkelanjutan.

Maka dari itu, IKN akan mengimplementasikan sistem transportasi cerdas atau intelligent transportation system (ITS) untuk meningkatkan efisiensi dan keamanan dalam bermobilitas.

“Momentum pembangunan IKN merupakan peluang besar untuk pengembangan dan penguasaan teknologi ITS dan moda transportasi inovatif, seperti kendaraan otonom dan advanced air mobility,” ujarnya dalam keterangan tertulis dikutip Minggu (5/5/2024).

Ali pun telah melakukan kunjungan ke Port of Long Beach dalam rangkaian kegiatan Smart City Reverse Trade Mission (RTM) di Amerika Serikat pada Rabu (1/5/2024). Kunjungan ini mendiskusikan tentang pengembangan green port dan sistem transportasi cerdas perkotaan.

Adapun Pelabuhan Long Beach merupakan salah satu pelabuhan terbesar di Amerika Serikat. 

Kegiatan yang disponsori oleh dana hibah United States Trade and Development Agency (USTDA) ini, juga diikuti oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika, Kementerian Keuangan, Kementerian PPN/Bappenas, PT Bina Karya, serta Konsulat Jenderal Republik Indonesia di Los Angeles.

Direktur USTDA Enoh T. Ebong menyatakan dukungan agensinya dalam pembangunan IKN. Menurutnya, pembangunan IKN adalah pekerjaan yang luar biasa, namun Indonesia melakukannya dengan dedikasi dan komitmen yang terbaik.

Pada diskusi tersebut, Economic Development Manager Port of Long Beach Joel Perler mengungkapkan, pihak pelabuhan memanfaatkan kemajuan teknologi dan melaksanakan kolaborasi strategis dengan berbagai pihak sebagai bagian dari strategi mereka untuk mengembangkan green port.

"Penerapan teknologi, seperti terminal yang kami bangun tanpa operator atau autonomous terminal, bertujuan mendukung pencapaian visi pembangunan kota yang berkelanjutan dan mencapai target near-zero carbon emission pada 2040," kata Joel.

Sebagai tindaklanjut diskusi, Otorita IKN mengundang Xteliigent dan TIG/m yang ikut terlibat dalam diskusi pengembangan teknologi cerdas, untuk melakukan proof of concept (PoC) di sektor transportasi cerdas di IKN. PoC merupakan tahapan krusial dalam seluruh proses pengembangan teknologi tersebut.

Ali menambahkan, PoC akan menjadi strategi Otorita IKN untuk memastikan hasil yang terbaik dalam membangun IKN sebagai kota cerdas.

“Dalam melakukan pemilihan teknologi dari berbagai penyedia, kami tidak hanya fokus pada optimasi biaya, tetapi juga kualitas dan kematangan teknologi, interoperabilitas, value for money, dan transfer knowledge,” tutupnya.

https://money.kompas.com/read/2024/05/05/150632926/otorita-ikn-mau-uji-coba-kereta-tanpa-rel-dan-taksi-terbang-pada-juli-2024

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke