Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

IMF: Pelambatan Ekonomi Global Tak Terhindarkan

Kompas.com - 23/01/2008, 14:50 WIB

WASHINGTON,SELASA - Dana Moneter Internasional (IMF) menyatakan pelambatan ekonomi dunia tahun 2008 ini tidak bisa dihindarkan. IMF juga memperingatkan, pemulihan pasar finansial akan kompleks dan berlarut-larut. Hal itu disebutkan juru bicara IMF Masood Ahmed dalam dalam pernyataan IMF, Selasa (22/1) waktu setempat.

Menurut IMF kondisi banyak pasar saham yang bergejolak dan cenderung melemah dalam beberapa hari ini mewakili masa depan pertumbuhan ekonomi global. "Pelambanan yang signifikan di 2008 secara global terlihat tidak bisa terhindarkan dan resiko penurunan juga masih besar," katanya,

Ahmed mengatakan Pemerintah AS harus menerapkan indikator fiskal yang ditentukan dan terukur untuk mendorong perekonomian. Selain itu menurut IMF, bila diperlukan the Fed tentu akan melakukan tindakan-tindakan yang fundamental.

Ditegaskannya, penurunan suku bunga Federal Reserve (The Fed) sebanyak 75 basis poin yang merupakan terbesar dalam 23 tahun terakhir ini, patut dihargai dan sangat menolong. Langkah Bank Sentral AS itu menyuntikkan harapan kepada pasar saham yang terpuruk dan kekhawatiran para investor akan kemungkinan resesi AS yang akan menyeret dunia.(RTR/EDJ)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com