Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mi Bakso Beranak Rp180 Miliar

Kompas.com - 22/03/2008, 11:44 WIB

YOGYAKARTA, SABTU - Perputaran uang di sektor usaha mi bakso pada 2007 diperkirakan mencapai Rp180 miliar per hari atau Rp5,4 triliun per bulan dengan asumsi 6 juta pengusaha mi bakso dapat menjual 10 porsi dengan harga Rp3.000 per porsi.
      
"Dari sisi ketenagakerjaan pengusaha mi bakso di Indonesia diperkirakan berjumlah 10 juta orang, jika diasumsikan pengusaha yang eksis sebesar 60 persen atau 6 juta orang, usaha itu  memberikan sumbangan besar bagi penyerapan tenaga kerja," kata Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi, Erman Suparno pada pembukaan Festival Pedagang Mi Bakso se-Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) di Jogja Expo Center, Sabtu (22/3), seperti dikutip dari Antara.

Festival yang diikuti sekitar 1.000 pedagang se DIY ini hanya berlangsung sehari.

Menurut dia, di sisi ekonomi kegiatan usaha mi bakso memiliki dampak besar terutama bagi pergerakan ekonomi rakyat karena terkait dengan bahan baku seperti tepung terigu, sayur-mayur, tepung kanji, dan rempah-rempah.
       
Usaha mi bakso juga berdampak besar pada usaha industri seperti daging sapi, mi, saos, kecap, dan cuka, usaha penyedia peralatan seperti mesin giling, kompor dan gerobak, serta usaha lain seperti peternak sapi, ayam, ikan, dan petani sayuran.
 
Tak cuma itu, usaha mi bakso juga memberikan kontribusi besar pada pendapatan pemerintah berupa pajak dan retribusi. Karena itu, perlu diupayakan agar potensi yang besar dalam lingkungan kegiatan ekonomi rakyat itu dapat berkembang sebagai kelompok usaha kecil yang mandiri.
      
"Usaha itu sekaligus juga berpotensi menjadi unit usaha modern dan kompetitif di pasar lokal maupun global meskipun pada saat ini sebagian besar usaha mi bakso masih dikelola secara tradisional," katanya.
      
Menakertrans juga mengharapkan festival mi bakso ini dapat menghilangkan pandangan sebagian masyarakat bahwa usaha tersebut merupakan kegiatan usaha kecil yang terpinggirkan, karena usaha itu memiliki potesi ekonomi yang besar. Untuk itu, diperlukan dukungan dari berbagai pihak untuk membimbing para pelaku usaha mi bakso agar lebih maju dan berkembang.
      

 

 

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com