Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sulselbar Segera Bebas Pemadaman

Kompas.com - 18/07/2008, 20:20 WIB

MAKASSAR, JUMAT - Beroperasinya Pembangkit Listrik Tenaga Gas di Sengkang, Kabupaten Wajo, Sulawesi Selatan, September 2008 bakal mengakhiri krisis listrik di area Sulawesi Selatan dan Barat. Pembangkit tersebut diproyeksikan memasok 3 kali 60 MW untuk mengatasi kebutuhan di 2 provinsi bertetangga itu.

"September 2008 sekitar 1,8 juta pelanggan listrik di Sulselbar sudah bebas dari pemadaman. Saat ini, di area PLTG Sengkang tengah dilakukan pemasangan koneksi pipa untuk operasional mulai September," ujar General Manager PLN Wilayah Sulawesi Selatan, Tenggara, dan Barat (Sulselbar), Arifuddin Nurdin di Makassar, Jumat (18/7).

Secara bertahap dari Sengkang akan dihasilkan 60 MW pada September 2008, kemudian 60 MW pada Juli 2009, dan 60 MW lagi pada Maret 2010. Bakar gas yang dihasilkan dari perut bumi setempat lebih efisien ketimbang batu bara. Satu KWh hanya butuh gas senilai Rp 460, lebih murah dibanding batu bara yang senilai Rp 550 per KWh.. Selama ini, di daerah tersebut daya terpasang 560 MW, dan daya mampu 435 MW.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com