Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Stasiun Senen Adem Ayem

Kompas.com - 18/08/2008, 12:37 WIB

JAKARTA, SENIN - Jika para penumpang KA kelas eksekutif di Stasiun Gambir banyak yang harus kecewa, berbeda halnya dengan para penumpang KA kelas bisnis dan ekonomi. Sejumlah penumpang yang ditemui Kompas.com, Senin (18/8) siang mengaku tak kesulitan mendapatkan tiket.

Meskipun, mereka membelinya menjelang keberangkatan. Seperti yang diakui Ati, warga Cirebon yang akan pulang menumpang KA Matarmaja."Nggak susah kok, saya mau berangkat siang ini baru beli tadi, dapet tempat duduk," kata Ati yang tengah menunggu kedatangan kereta api yang akan ditumpanginya.

Walaupun tiket masih tersedia di loket, Ati mengaku masih ada saja tawaran dari sejumlah calo yang menghampirinya. "Saya tolak aja. Tadinya mau naik kereta Gaya Baru, tapi habis. Ditawarin calo, nggak ah. Mending pindah kereta. AKhirnya naik Matarmaja," lanjutnya.

Sementara itu, Kepala Stasiun Senen, Barosad IM mengatakan, pada libur gandeng 3 hari ini, tak ada lonjakan penumpang yang cukup berarti. Pihaknya juga masih menyisakan tiket untuk keberangkatan malam nanti ke semua daerah tujuan.

"Kan ada 17 jadwal keberangkatan disini (di Stasiun Senen), baik kelas bisnis maupun ekonomi. Dan kita masih melayani penjualan tiket langsung untuk keberangkatan malam nanti. Jadi, sepertinya normal saja untuk liburan kali ini, tidak ada penambahan jumlah penumpang yang signifikan," kata Barosad. Sedangkan untuk pesanan tiket menjelang puasa, tanggal yang banyak digunakan penumpang untuk pulang ke daerah asalnya adalah tanggal 27, 28 dan 29 Agustus.

Lebih dari 50 persen tiket terjuan untuk keberangkatan tanggal tersebut. "Tapi masih tersisa juga kok," ujarnya. Rangkaian kereta api bisnis dan ekonomi tidak ada tambahan gerbong seperti halnya sejumlah rangkaian KA kelas eksekutif. Seperti biasa, setiap KA ke berbagai daerah tujuan diberangkatkan dangan rangkaian 10 gerbong KA.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com