Pemerintah Akan Perluas Sukuk

Kompas.com - 07/10/2008, 17:32 WIB
Editor

JAKARTA, SELASA-Pemerintah akan memperluas pasar obligasi seperti sukuk (obligasi syariah) untuk memperluas basis investor. Rencana ini terkait dengan pertemuan Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani dengan para Menteri Keuangan Asean dan Asean Finance Minister Investors Seminar (AFMIS) atau Asean Roadshow di Dhubai, Uni Emirat Arab tanggal 7-9 Oktober 2008.

Hal tersebut disampaikan Kepala Biro Humas Depkeu Samsuar Said melalui siaran resminya kepada pers, Jakarta, Selasa (7/10). "Lokasi AFMIS di Timur Tengah (Dubai) dipandang cukup relevan dan strategis mengingat peran Dubai sebagai finansial hubungan negara-negara teluk. Selain itu, potensi intervensi belum tergarap secara optimal dari kawasan yang memiliki kelebihan likuiditas tersebut. Karena itu, rencana penerbitan global sukuk di Indonesia akan dijalankan," kata Samsuar.

Pertemuan tersebut akan membahas di antaranya, kerangka studi liberalisasi sektor keuangan dan neraca modal (capital account) dan harmonisasi standar aturan pasar modal ASEAN yang terkait pencapaian integrasi komunitas ekonomi ASEAN pada 2015.

Pertemuan itu juga membahas mengenai pengembangan surveilance kawasan ASEAN dalam mengantisipasi krisis keuangan global dan regional, dan pembiayaan infrastruktur ASEAN. Agenda AFMIS ke depan dan persiapan ASEAN Investment Day akan dipaparkan oleh Indonesia.. "ASEAN Investment Day akan diselenggarakan bersamaan dengan pertemuan Gubernur Asian Development Bank (ADB) di Bali Bulan Mei 2009," kata Samsuar.

Penyelenggaraan AFMIS akan dihadiri sekitar 160 pimpinan institusi keuangan, bankir dan fund manager internasional, khususnya di kawasan Timur Tengah.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.