Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pengambilalihan Century Tak Halangi Akusisi

Kompas.com - 21/11/2008, 12:41 WIB

JAKARTA, JUMAT- Pengambilalihan Bank Century oleh Lembaga Penjamin Sosial (LPS) tidak akan menghentikan proses akusisi yang dilakukan oleh perusahaan lain. Menurut Pengamat Perbankan Elvyn G Masasya, setelah diambil alih LPS, Bank Century akan mengalami proses pengelolaan yang lebih termonitor karena di bawah pengawasan LPS.

"Tetap dimungkinkan untuk melakukan akusisi. Mungkin tidak hanya Sinarmas yang akan masuk," kata Evlyn kepada Kompas.Com di Jakarta, Jumat (21/11).

Sebelumnya, Bank Century diberitakan akan diakusisi oleh Gruo Sinarmas. Namun, di era sekarang ini yang paling dimungkinkan adalah adanya konsolidasi dari perbankan. Di mana bank-bank kecil dan mengalami kesulitan likuiditas akan di konsolidasi untuk jadi satu. Jadi, kata Evlyn, tidak terlepas kemungkinan Bank Century nantinya juga akan dilakukan konsolidasi.

Lebih jauh Evlyn menilai pengambil alihan Bank Century merupakan langkah tepat. "Untuk pengelolaan yang lebih bagus mungkin memang harus diserahkan kepada LPS," ujarnya.

Pengambilalihan ini merupakan konsep yang diamanatkan dalam Undang-Undang di mana salah satu tugas LPS untuk menjaga dan menjamin eksistensi bank.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com